Petani Sekarang Bisa Pantau Tanaman Pakai Aplikasi - Halaman 2

Petani Sekarang Bisa Pantau Tanaman Pakai Aplikasi

Syahdan Alamsyah - detikInet
Senin, 18 Okt 2021 21:41 WIB
Aplikasi Virtual Monitor Pertanian di Sukabumi
Petani Sekarang Bisa Pantau Tanaman Pakai Aplikasi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)

Melalui Koperasi Kudapan, Budi mengaku belum berniat untuk melepas atau menjual aplikasi tersebut. Pihaknya lebih memilih untuk menjalin kerjasama dengan petani untuk mengaplikasikan teknologi buatannya.

"Sebetulnya kita mengembangkan sendiri dari teman-teman Kudapan, dari teman-teman koperasi. Sebetulnya ini bukan dijual tapi lebihnya kita menjalin kerjasama dengan petani. Jadi petani punya lahan kita punya sistem (teknologi). Kita kerja sama dengan petani tersebut jadi nanti bagi hasil," beber Budi.

Sementara itu, Budiman Sudjatmiko Ketua Pelaksana Kiniku Bintang Raya KSO Bukit Algoritma melihat langsung bagaimana teknologi itu dipraktikkan. Budiman mengatakan aplikasi tersebut adalah bagian dari buah pikir Bukit Algoritma ke depan dalam pengembangan teknologi tanah air.

Menurut Budiman, itu sebuah aplikasi 'Smart Farming' yang dibuat Koperasi Kudapan untuk mengontrol aktivitas pertanian. Data mulai dari pengairan, pengukuran suhu tanah, unsur hura tanah, bagaimana melakukan monitoring tumbuhnya tanaman tidak ada penyakit bisa langsung dikirimkan ke handphone petani.

"Jadi kita tahu ini ada penyakit apa, kekurangan pupuk apa, kurang air berapa. Apakah suhunya terlalu panas, bagaimana unsur tanahnya apakah rusak oleh pupuk. Itulah informasi data diketahui oleh pemegang aplikasi ini, itulah yang di bangun oleh teman-teman Kudapan ini," sambung Budiman.



Simak Video "Dramatis! Detik-detik Evakuasi Warga Tertimbun Longsor di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(bbn/fay)