Google Ingin Kirim Pesan Antar iOS dan Android Lebih Aman

Google Ingin Kirim Pesan Antar iOS dan Android Lebih Aman

Josina - detikInet
Senin, 11 Okt 2021 13:39 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Google Ingin Kirim Pesan Antar iOS dan Android Lebih Aman (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
Jakarta -

iMessage Apple memungkinkan pengguna iOS dan macOS untuk saling mengirim pesan yang terenkripsi end-to-end. Namun hal ini berbeda jika pesan tersebut dikirim dari Android ke iOS ataupun sebaliknya, di mana pesan yang dikirim hanya sebagai teks biasa saja ini artinya tidak cukup aman selama transmisi. Hal inilah yang akan berubah.

Google pun ingin mengubah hal mengubah hal tersebut, dalam cuitannya di Twitter SVP Android Google, Hiroshi Lockheimer mengisyaratkan untuk Apple mengadopsi protokol Rich Communication Services (RCS).

Protokol RC dirancang sebagai pengganti SMS tradisional. Itu juga seharusnya menjadi alternatif platform agnostik untuk aplikasi perpesanan lain seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan iMessage.

Saat ini layanan tersebut mengharuskan pengguna memiliki iPhone atau mendaftar ke akun Facebook/WhatsApp. Layanan ini bisa dibandingkan dengan SMS di mana selama pengguna memiliki ponsel, nomor telepon, dan koneksi seluler, pengguna dapat mengirim dan menerima SMS langsung dari kotak.

Google telah mendorong protokol RCS untuk sementara waktu sekarang. Sejauh ini operator utama di AS telah setuju untuk mengadopsinya.

Apple adalah salah satu dari sedikit perusahaan teknologi besar yang masih bertahan, tetapi hal tersebut tidak mengejutkan karena iMessage dapat menjadi insentif bagi pengguna untuk membeli produk Apple dan menggunakan ekosistemnya.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan Apple Watch Series 7"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)