Google Ingin Pakai AI Untuk Atur Lampu Lalu Lintas

Google Ingin Pakai AI Untuk Atur Lampu Lalu Lintas

Josina - detikInet
Jumat, 08 Okt 2021 11:45 WIB
Ilustrasi Google Maps
Google Ingin Pakai AI Untuk Atur Lampu Lalu Lintas (Foto: detikcom)
Jakarta -

Saat lampu merah kendaraan akan berhenti. Saat posisi menunggu lampu hijau, mesin kendaraan akan masih tetap menyala sehingga bahan bakar inilah yang kerap berkontribusi pada polusi.

Untuk itu di Israel, Google telah memutuskan untuk melakukan tes di mana mereka akan menggunakan AI (kecerdasan buatan) untuk mencoba dan membuat lampu lalu lintas lebih efisien dengan mempelajari dan mengamati arus lalu lintas, dan kemudian menggunakan data itu untuk mencoba dan mengatur waktu lampu dengan lebih baik.

Berdasarkan program percontohan yang diuji di Israel dalam kemitraan dengan Kota Haifa, Beer-Sheva dan Perusahaan Jalan Nasional Israel, Google mengklaim bahwa dengan menggunakan AI mereka mengamati adanya pengurangan 10-20% dalam bahan bakar dan waktu tunda persimpangan.

Di satu sisi hal ini masuk akal, karena jika mobil bisa pergi dari titik A ke titik B tanpa harus berhenti, jumlah bahan bakar yang dikonsumsi secara teori seharusnya lebih sedikit.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Jumat (8/10/2021) Google mengatakan bahwa mereka sekarang berencana untuk mengambil sistem ini dan mengujinya di Brasil dan juga sedang dalam pembahasan dengan kota-kota lain di seluruh dunia.



Simak Video "Singgung Space War, Jokowi Ingin BPPT Jadi Pusat Kecerdasan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)