Instagram Bikin Fitur untuk Kontrol Feed yang Berantakan

Instagram Bikin Fitur untuk Kontrol Feed yang Berantakan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 14 Sep 2021 10:15 WIB
Ilustrasi Instagram
Instagram Kembangkan Fitur Favorites untuk Kontrol Feed yang Berantakan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Instagram sedang mengembangkan fitur baru bernama Favorites. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih beberapa akun favorit yang akan diprioritaskan, jadi postingan mereka akan tampil di feed paling atas.

Fitur baru ini pertama kali ditemukan oleh developer dan reverse engineer Alessandro Paluzzi. Ia menemukan ikon baru untuk Favorites di menu Settings Instagram, dan detail lainnya tentang fitur ini.

Menurut screenshot yang diunggah Paluzzi di Twitter, pengguna Instagram nantinya akan bisa memilih akun yang mereka ikuti untuk membuat daftar Favorites. Daftar ini bisa diedit kapan saja, dan akun yang dimasukkan ke dalam daftar Favorites seseorang akan mendapatkan notifikasi dari Instagram.

Cara kerjanya kurang lebih sama seperti fitur Close Friends yang ada di Stories. Bedanya dengan Close Friends pengguna bisa memilih akun mana saja yang bisa melihat postingan Stories mereka yang lebih personal.



Paluzzi mengatakan ia bisa menambahkan beberapa akun ke dalam daftar Favorites, tapi ia tidak melihat perubahan di susunan feed Instagram-nya. Jadi kemungkinan besar fitur ini masih dikembangkan dan tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Instagram mengonfirmasi bahwa fitur Favorites masih dalam tahap pengembangan, tapi mereka tidak mengungkap detail lain soal fitur ini. "Fitur ini adalah prototipe internal yang masih dalam pengembangan, dan tidak diuji coba secara eksternal," kata juru bicara Instagram kepada TechCrunch, seperti dikutip detikINET, Selasa (14/9/2021).

Fitur seperti Favorites ini juga tersedia di Facebook yang bertujuan memudahkan pengguna mengontrol algoritma News Feed. Di Facebook, pengguna bisa memilih hingga 30 teman atau Pages yang akan ditampilkan paling depan di News Feed. Belum diketahui apakah Instagram berencana menerapkan batas yang sama.

Jika fitur ini jadi diluncurkan, maka Instagram setidaknya bisa menanggapi keluhan pengguna yang menginginkan tampilan feed yang diatur secara kronologis, dan bukan diatur oleh algoritma yang tidak bisa dikontrol.

Fitur Favorites memang tidak bisa menampilkan feed yang lebih berurutan secara kronologis. Tapi setidaknya pengguna Instagram tidak akan ketinggalan postingan dari teman atau kreator favorit mereka karena tertimbun oleh postingan lain.

Meski Instagram telah mengonfirmasi pengembangan fitur Favorites, itu bukan jaminan bahwa fitur ini akan dirilis untuk publik. Perusahaan sebesar Instagram sering mengembangkan konsep fitur baru, tapi hanya segelintir yang diuji coba untuk diluncurkan secara luas.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)