Cara Jadi Konten Kreator dan Gamer Sukses, Milenial Wajib Tahu!

Cara Jadi Konten Kreator dan Gamer Sukses, Milenial Wajib Tahu!

Sponsored - detikInet
Kamis, 09 Sep 2021 15:00 WIB
AMD
Foto: Dok. AMD
Jakarta -

Pada era digital saat ini, semakin banyak profesi yang menjadi tren dan menjanjikan. Paling populer adalah menjadi seorang content creator atau gamer.

Alasannya tak hanya sekadar uang, menjadi content creator atau gamer juga bisa menunjukkan karya serta menginspirasi banyak orang, mulai dari content creator pendidikan, seni, tips & trik, dan sebagainya.

Sementara untuk gamer terdapat banyak pilihan game populer yang bisa dimainkan seperti PUBG, Fortnite, Valorant, Dota 2, dan lain-lain.

Profesi semacam ini lebih banyak digeluti anak-anak muda. Sebut saja untuk content creator ada David Brendi (GadgetIn), Raditya Dika, Weird Genius, Tahilalats, hingga Atta Halilintar. Bahkan mereka telah masuk dalam 10 besar Forbes Indonesia's Digital Content Creators 2021.

Untuk gamer ada Jess No Limit, Miawaug, Dyland Pros, hingga Frost Diamond. Tak hanya itu, banyak juga gamer yang sukses di dunia profesional dengan masuk tim ESport seperti Benny Moza di Tim RRQ Endeavour (Point Blank), Nextjack di Tim RRQ Endeavour (Point Blank), serta Ryan Prakasa di Tim Aerowolf (PUBG).

Di balik profesi seorang content creator atau gamer sukses, tentu ada sebuah proses yang harus dilewati serta persiapan yang matang. Apa saja?

Simak tips menjadi content creator atau gamer yang sukses di bawah ini.

Tentukan Konten atau Game

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah menentukan konten apa yang ingin kamu lakukan serta game apa yang ingin dimainkan. Kemudian tentukan rencana upload dan target bulanan.

Perencanaan dan target cukup penting supaya bisa fokus mengembangkan channel atau akun milikmu dan mendulang banyak penonton serta subscribers. Tanpa penonton dan subscribers potensi pendapatan sebagai content creator tidak akan maksimal.

Kemudian untuk game, bisa ditentukan berdasarkan beberapa pilihan antara lain game yang sedang tren, game yang banyak dicari, atau game yang paling menghibur banyak orang.

Siapkan Konsep dan Persona

Persona ini bisa dibilang adalah karakter atau ciri khas yang mau kalian tunjukkan kepada penonton atau pengikut kalian. Persona bisa dikatakan adalah gaya unik pembawaan seseorang yang membedakannya dengan content creator atau gamer lain.

Untuk penonton Indonesia, hal ini cukup penting karena setiap penonton memiliki kesukaan tersendiri terhadap ciri khas content creator atau gamer.

MiawAug, misalnya, selalu melolong di awal videonya. Itu juga bagian dari personanya. Sementara David GadgetIn dengan 'Halo gaes David di sini' menjadi pembuka yang khas.

Sementara untuk menjadi gamer sukses tak hanya sekadar persona, tapi juga harus terus latihan dan serius di game yang ingin kalian mainkan. Kalian bisa menunjukkan strategi atau trik dalam bermain game agar penonton tertarik untuk berada di channel kalian.

Siapkan Peralatan

Persiapan terakhir dan menjadi yang paling penting yakni peralatan mumpuni untuk menunjang produksi konten dan game yang dimainkan.

Untuk perangkat, kalian minimal punya laptop mumpuni dengan aplikasi edit video dan edit gambar, kamera yang cukup jernih, serta baterai yang awet. Kalau ini sudah kalian miliki, kalian bisa mulai merintis karier jadi content creator ataupun gamer.

Dari banyak pilihan laptop, kalian bisa pilih laptop yang #BeneranCepat untuk #PowerYourVictory dalam gaming. Di antaranya adalah laptop dengan prosesor AMD Ryzen 5000H Mobile Series.

Dengan performa Multithread yang ada di prosesor AMD Ryzen 5000 Series #PowerYourVictory, laptopnya sangat mumpuni untuk melakukan editing video, upload konten yang #BeneranCepat dan daya tahan baterai yang lama.

Mengapa Harus AMD Ryzen 5000H Mobile Series?

AMDFoto: Dok. AMD

Laptop dengan prosesor ini memiliki pilihan desain yang tipis, fleksibel namun tetap powerful. Laptop gaming jenis ini juga tidak besar dan tidak berat untuk bermain game.

Selain itu ada juga alasan lain mengapa laptop dengan prosesor AMD Ryzen 5000H Mobile Series cocok untuk content creator dan gamer. Di antaranya adalah:

1. Banyak Keunggulan

AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processor merupakan prosesor terbaru dari AMD yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm dengan arsitektur zen 3. Dengan Prosesor terbaru ini, AMD menjadi perusahaan semikonduktor terdepan dengan memberikan terobosan dan inovasi baru untuk prosesor pada PC.

Adapun keunggulan lain AMD Ryzen 5000 Series Mobile adalah:

- Lebih cepat dan responsive performanya
- Daya tahan baterai yang lama
- Peningkatan Efisiensi power

Ryzen 5000 sudah menggunakan multicore dan multithread yg memberikan performa tercepat baik untuk produktivitas harian, editing konten ataupun bermain game.

Dengan prosesor Ryzen 5000 series mobile, laptop kalian menjadi satu-nya laptop prosesor X86 dengan arsitektur 7nm yang memungkinkan performa #BeneranCepat tapi tetap dengan power efisiensi yang optimal.

Hal tersebut sangat penting bagi seorang 'content creator' atau gamer untuk menunjang produktivitas konten setiap harinya.

2. Ada Beberapa Pilihan laptop Gaming dari Brand Laptop

Untuk tipe, Ryzen 5000 series terdiri dari dua tipe yaitu:

- U series dengan daya 15 watt yang ditargetkan untuk laptop thin n light
- H series dengan daya mulai dari 35 watt yang didesain khusus untuk gaming

Adapun Ryzen 5000 H series yang didesain khusus untuk gaming, diklasifikasikan menjadi 3 kelas yakni:

HX series dengan daya mulai dari 45 watt merupakan prosesor mobile pertama yang didesain dengan kemampuan dapat di overclock
H series dengan daya 45 watt untuk segmen gaming mainstream
HS series dengan daya mulai dari 35 watt yang ditargetkan untuk segmen laptop gaming yang tipis dan ringan namun tetap dengan performa sekelas desktop. Contohnya Asus ROG X13 merupakan laptop gaming pertama kolaborasi amd dan asus dengan bobot di bawah 1.5 kg dan layar 13" berkat arsitektur 7nm dari ryzen.

Selain itu, ada juga contoh pilihan laptop gaming yakni Lenovo Legion 5 Pro, HP Omen 15, Acer Nitro 5 AN515-45, serta Asus ROG G14 yang merupakan satu-satunya laptop gaming 14".

Pilihan laptop dengan prosesor AMD Ryzen 5000 Series Mobile selengkapnya bisa cek di sini.

3. Cocok untuk Content Creator, Gamer maupun Streamer

Dengan performa Multithread yang ada di prosesor AMD Ryzen 5000 Series #PowerYourVictory, laptop ini sangat mumpuni untuk melakukan editing video, upload konten yang #BeneranCepat dan daya tahan baterai yang lama.

Spesifikasi ini sangat dibutuhkan bagi seorang content creator, streamer maupun gamer untuk mengembangkan karir serta berkarya dengan konsisten.

Ikut Komunitas

Untuk menambah wawasan dan mengikuti perkembangan paling baru kalian bisa mengikuti komunitas-komunitas yang ada.

Untuk content creator akan lebih ter-update jika mengikuti banyak konten menarik di semua media sosial seperti Instagram, TikTok, twitter, dan sebagainya. Sementara untuk dunia game bisa mengikuti banyak komunitas yang ada dengan follow akun di Instagram ataupun youtube.

Dengan mengikuti komunitas, kalian bisa mengetahui hal-hal yang sedang diminati penonton dan juga bisa menjadi inspirasi baru untuk konten baru.

Berani Kolaborasi

Setelah ikut komunitas dan berkenalan dengan banyak content creator lain, kalian bisa berkenalan mengajaknya untuk berkolaborasi. Hal ini bisa menambah jaringan penonton agar semakin luas dan cepat berkembang.

Jadi bagaimana? sudah siap menjadi content creator atau gamer?

(Content Promotion/AMD)