Penting! Segera Install iOS 14.8 di iPhone

Penting! Segera Install iOS 14.8 di iPhone

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 14 Sep 2021 08:23 WIB
iPhone 12
iOS 14.8 dirilis, penting segera diinstal di iPhone. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

iOS 14.8 baru saja dirilis Apple. Update tersebut tidak membawa fitur baru, tapi kamu harus segera menginstall di iPhone.

Saking pentingnya, iOS 14.8 tidak melewati versi uji beta. Sebab update kali ini bersifat urgent lantaran membawa perbaikan lubang keamanan.

Update kali ini menambal celah yang memungkinkan spyware yang digunakan oleh NSO Group yang berbasis di Israel untuk menginfeksi iPhone, Apple Watch, dan komputer Mac tanpa pengguna perlu mengklik apa pun.

Eksploitasi itu cukup serius bagi Apple untuk segera memperbaikinya sejak raksasa teknologi asal Cupertino itu diberitahu Selasa lalu oleh perusahaan keamanan siber Kanada Citizen Lab, demikian laporan New York Times .

Selain iOS 14.8, Apple merilis iPadOS 14.8, watchOS 7.6.2, dan macOS Big Sur 11.6, yang disarankan untuk segera diunduh dan diinstall oleh pengguna. Apple menyatakan bahwa pembaruan perangkat lunak iOS 15 berikutnya akan menampilkan penghalang spyware serupa.

iOS 14.8Update iOS 14.8 Foto: Phonearena

Seperti diketahui Spyware Pegasus dan dapat menginfeksi perangkat iPhone tanpa sepengetahuan pemiliknya. Setelah menginfeksi iPhone, Pegasus dapat mengendalikan kamera dan mikrofon dan mengaktifkan keduanya. Itu juga dapat merekam pesan, teks, email, dan panggilan dan mengirimkannya ke klien NSO di pemerintahan di seluruh dunia. Bahkan pesan terenkripsi yang dikirim melalui aplikasi seperti Signal tidak terlindungi saat Pegasus menginfeksi ponsel.

Salah satu peneliti yang membantu menemukan spyware, John Scott-Railton, Senior Researcher dari Citizen Lab, mengatakan, "Spyware ini dapat melakukan semua yang dapat dilakukan pengguna iPhone di perangkat mereka dan banyak lagi."

Dan karena kemampuan zero-click, pengguna tidak akan menerima tanda yang biasa bahwa ponselnya terinfeksi, seperti tautan mencurigakan yang dikirim melalui teks atau email. Dengan demikian, pemilik iPhone mungkin tidak atau bahkan terlambat mengetahui bahwa perangkatnya telah disusupi spyware.

NSO Group mengaku menjual spyware hanya kepada pemerintah yang memenuhi standar hak asasi manusia. Namun kenyataannya, selama enam tahun terakhir, spyware Pegasus telah muncul di telepon para aktivis, pengacara, oposisi, dokter, anak-anak, dan ahli gizi di negara-negara seperti Uni Emirat Arab, Meksiko, Arab Saudi dan lainnya. Bulan lalu Washington Post mengungkapkan hasil investigasi bahwa NSO Group bahwa ponsel milik 37 jurnalis dan aktivis hak asasi manusia terinfeksi.

Karena itu Apple mengatakan bahwa update kali ini direkomendasikan untuk segera diinstall oleh semua pengguna. Untuk mengunduh iOS 14.8 kamu hanya perlu melakukan langkah berikut:

  • Buka Settings
  • Pilih General
  • Tekan Software Update
  • Setelah tersedia klik Download and Install
  • Ikuti prosesnya hingga rampung instalasi



Simak Video "Daftar iPhone dan Cara Download iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)