WhatsApp Siapkan Transfer Chat dari Android ke iPhone

WhatsApp Siapkan Transfer Chat dari Android ke iPhone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 09 Sep 2021 12:11 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat dari Android ke iPhone (Foto: dok. Rawpixel)
Jakarta -

WhatsApp belum lama ini meluncurkan fitur transfer riwayat chat dari iPhone ke Android. Tidak lama kemudian, mereka mulai mengembangkan fitur sebaliknya, yaitu transfer chat dari Android ke iPhone.

Kehadiran fitur baru ini pertama kali ditemukan oleh laman WABetaInfo di aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.19.1. WABetaInfo mengatakan saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum siap untuk uji coba beta.

Belum diketahui bagaimana proses pemindahan riwayat chat WhatsApp dari Android ke iPhone. Tapi kemungkinan akan sama seperti fitur transfer chat dari iPhone ke Android yaitu membutuhkan kabel Lightning ke USB-C.

Selain itu, akan dibutuhkan aplikasi khusus bernama 'Move to iOS' buatan Apple. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk memindahkan data-data mereka saat pindah dari ponsel Android ke iPhone, dan saat ini sudah tersedia di Google Play Store.

Fitur transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhoneFitur transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone Foto: WABetaInfo

Saat fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android diluncurkan, fitur tersebut masih terbatas untuk ponsel Samsung saja. WABetaInfo mengatakan, untuk fitur transfer chat dari Android ke iPhone kemungkinan akan tersedia untuk semua ponsel Android yang sudah menjalankan versi tertentu, seperti dikutip dari XDA Developer, Kamis (9/9/2021).

Karena masih dalam tahap pengembangan informasi tentang fitur baru ini masih sangat sedikit. Begitu memasuki tahap uji coba beta, kemungkinan akan ada lebih banyak informasi yang terungkap, termasuk cara kerja dan ketentuannya.

Kapan Whatspp akan meluncurkan fitur ini juga belum diketahui. Karena masih dalam tahap pengembangan, mungkin WhatsApp baru akan meluncurkannya beberapa bulan kemudian.

Fitur transfer chat antar platform memang merupakan salah satu fitur yang paling dinanti di WhatsApp. Selama ini pengguna WhatsApp hanya bisa mentransfer chat ke sesama ponsel Android atau sesama iPhone karena keduanya menggunakan sistem backup ke penyimpanan cloud yang berbeda.

Karena baru diluncurkan tahun ini, WhatsApp pun sempat diejek oleh Telegram yang sudah memiliki fitur transfer chat antar platform sejak lama. Lewat cuitannya di Twitter, Telegram seolah menyebut WhatsApp ketinggalan zaman.



Simak Video "WhatsApp Rilis Fitur Baru Joinable Call"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)