Punya Tampilan Antarmuka Baru, DANA Mau Kebut Teknologi Inklusif

Punya Tampilan Antarmuka Baru, DANA Mau Kebut Teknologi Inklusif

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 27 Agu 2021 19:30 WIB
DANA
Foto: Dok. DANA
Jakarta -

DANA memperkenalkan tampilan antarmuka (UI) versi terbaru untuk memperkaya pengalaman penggunanya (UX) dalam versi terbaru DANA v.2.0. Harapannya, DANA v.2.0 mampu mengakselerasi teknologi yang inklusif untuk masyarakat Indonesia.

"Inklusi teknologi finansial, yang berperan penting dalam meningkatkan kontribusi ekonomi digital nasional, akan terwujud apabila kepercayaan dan literasi masyarakat Indonesia terhadap manfaat yang dihadirkannya menguat," ujar CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara dalam gelaran diskusi virtual DANA Tech Talk edisi perdana, Jumat (27/8/2021).

Menurut Vince, fondasi yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan tersebut antara lain adalah kemudahan dan kenyamanan penggunaan serta akses, keandalan teknologi, serta jaminan keamanan dan proteksi.

"DANA v.2.0 yang kami kembangkan merupakan bentuk keseriusan kami dalam menjawab tantangan tersebut. Inovasi teknologi, termasuk UI dan UX, akan terus kami lakukan secara konsisten dan senantiasa menjadi fokus dalam pengembangan dompet digital DANA demi pengalaman bertransaksi yang terbaik untuk para pengguna," kata Vince.

Vince melanjutkan pengembangan tampilan antarmuka (UI) juga membawa peran besar dalam memberikan nilai di setiap pengalaman pengguna (UX) dalam bertransaksi digital. Peranan ini diakui pula oleh beberapa studi seperti Forrester Research di tahun 2019 dalam laman websitenya.

Studi tersebut menyatakan optimasi UI/UX sangat penting untuk sebuah aplikasi dalam mengantarkan pengguna pada tujuan mereka. Dalam studi tersebut dikatakan pula apabila UI/UX yang optimal dapat mendorong keinginan transaksi pengguna sebesar 14,4% dan juga mampu mempertahankan retensi pengguna sampai 15,8%.

Oleh karena itu, Vince menuturkan pengembangan DANA v.2.0 merupakan upaya DANA dalam menjembatani dan memahami basis pengguna di era digital yang memiliki karakteristik unik dengan kebutuhan yang makin kompleks.

DANA v.2.0 pun menghadirkan sejumlah pembaruan pada beberapa aspek pada versi terbaru dari aplikasinya. Seperti pada Home Page, tampilan antarmuka dalam versi teranyar kali ini ditampilkan lebih fresh dengan sajian informasi yang kontekstual.

Misalnya menu 'Hanya Untukmu' yang memungkinkan pengguna untuk mengecek langsung kode referral, voucher, dan lainnya, hingga informasi DANA Protection. Versi terbaru ini juga menyederhanakan fitur Kirim Uang, yang kini penggunanya dapat dengan mudah memanfaatkan kolom pencarian untuk transfer yang lebih praktis. DANA juga memajang deretan tujuan transaksi yang terakhir dilakukan.

Tak hanya itu, DANA Statement juga tak luput dari pembaruan yang kali ini ditambahkan widget iOS. Melalui pembaruan ini pengguna dapat dengan cepat melihat keseluruhan pengeluaran mereka di DANA tanpa harus masuk ke aplikasi DANA.

Hadir pula fitur Daily Limit yang memungkinkan pengguna mengatur batas pembelanjaan harian untuk setiap kartu. DANA juga menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk kartu pengguna di dalam DANA. DANA juga menambahkan fitur Smart Pay yang membantu memberikan rekomendasi metode pembayaran terbaik untuk pengguna.

Peranan pengembangan UI/UX untuk mengakomodir kebutuhan sekaligus menjaga kepercayaan pengguna juga ditanggapi senada oleh Design Innovation Consultant & Design Sprint Expert Borrys Hasian. Menurutnya, setiap penyedia layanan keuangan harus selalu adaptif dalam menanggapi kebutuhan pengguna yang senantiasa berubah-ubah.

Menurut Borrys, peran teknologi makin penting dalam mewujudkan ekonomi digital yang kian inklusif dan kontributif. Salah satu caranya adalah melalui pembaruan tampilan UI/UX seperti yang diimplementasikan oleh DANA.

"Fokus utama yang perlu diprioritaskan dalam setiap pembaruan ini tidak hanya semata-mata untuk melakukan diferensiasi produk, tetapi harus dipertimbangkan lebih holistik dan user-centered, yaitu membuat User Experience yang lebih baik dengan pengalaman personal yang bernilai, bermakna, dan engaging (menarik) dalam setiap perjalanan pengguna dalam bertransaksi digital, serta mampu meningkatkan literasi keuangan digital mereka dan memudahkan hampir segala aspek kehidupan pengguna," ujarnya.

Adapun Peluncuran DANA v.2.0 di bulan Agustus yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Selain mendukung visi jangka panjang terealisasinya cashless society yang makin kompeten, DANA juga mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19 melalui pengembangan teknologi finansial.

Sebagai informasi, DANA v.2.0 resmi diperkenalkan pada ajang DANA Tech Talk bertajuk 'Gold Recipe in Building Experiences to Tens of Million Users', forum diskusi para penggiat teknologi untuk membahas mengenai potensi teknologi dan inovasi dompet digital dalam memajukan ekonomi digital nasional.

Kegiatan ini akan digelar secara rutin dan diharapkan bisa menjadi sarana diskusi nan edukatif yang sekaligus menjaring ide-ide baru mengenai pemanfaatan teknologi guna mewujudkan ekonomi digital yang makin inklusif.

(akn/fay)