Layanan Zoom Sempat Tumbang di Berbagai Negara

Layanan Zoom Sempat Tumbang di Berbagai Negara

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 23 Agu 2021 17:12 WIB
Aplikasi video conference Zoom mengakuisisi Keybase untuk meningkatkan keamanan terenkripsi secara end-to-end
Layanan Zoom sempat tumbang di berbagai negara (Foto: Zoom)
Jakarta -

Layanan aplikasi video konferensi Zoom tumbang di berbagai negara. Para penggunanya mengeluh di media sosial.

Dipantau detikINET dari Downdetector, masalah ini terjadi pada Senin (23/8/2021) mulai terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan makin memburuk pada pukul 15.00 WIB. Separuh pengguna tidak bisa join meeting, sisanya mengeluhkan masalah kualitas video dan koneksi server.

Namun tampaknya, masalah ini tidak terlalu berdampak di Indonesia karena jam sibuk orang kerja dan jam sekolah sudah lewat. Namun bagi yang tinggal atau bekerja di Eropa, ini adalah bencana.

The Sun Inggris misalnya, memberitakan kejadian ini melumpuhkan kegiatan work from home dan belajar online di Inggris. Kejadian layanan Zoom tumbang ini terjadi pada jam sibuk pagi hari di Inggris sana.

The Sun memberitakan layanan Zoom tumbang pukul 08.00 pagi waktu Inggris, jam sibuk sekolah dan bekerja. Beberapa pengguna mengeluhkan tidak bisa ikut rapat kantor. Pada pelajar mengeluhkan tidak bisa ikut kelas dan perkuliahan online.

Dipantau di peta Downdetector, kondisi down ini dialami antara lain di Inggris, Jerman, Belanda, Spanyol Pakistan, Jepang, Singapura, Filipina, Malaysia, Australia. Sementara itu benua Amerika tampak sepenuhnya aman.

Akibat kejadian ini, banyak pengguna yang menyampaikan keluhan mereka di Twitter. Mereka tersebar di beberapa negara.

"Di sini saya tidak bisa memulai sesi rapat dengan waiting rooms. Yang tanpa waiting room tidak terganggu," kata @smotria dari Trier, Jerman.

"Masalah yang sama terjadi di sini," kata Usman Mahmood dari Lahore, Pakistan.

Pihak Zoom sudah mengeluarkan pengumuman di Twitter. Mereka mengakui ada masalah dan sudah melakukan perbaikan dalam waktu sekitar 1 jam.

Bagaimana dengan Anda, detikers? Apakah mengalami masalah dengan Zoom sore ini? Ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar.



Simak Video "Aura Baru Kantor Pos Pasar Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)