Desain dan Font Twitter Berubah, Netizen Kaget

Desain dan Font Twitter Berubah, Netizen Kaget

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Agu 2021 17:42 WIB
Jakarta -

Twitter baru saja merombak desain web-nya dan mengenalkan font baru bernama Chirp. Netizen langsung menyambut perubahan ini dengan kebingungan, bahkan ada yang protes font baru Twitter membuat mereka pusing.

Twitter mengatakan font Chirp buatannya sebenarnya sudah debut sejak bulan Januari. Sebelumnya, perusahaan berlogo burung ini selalu mengandalkan typeface seperti SF Pro, Roboto dan Helvetica Neue.

Saat debut di bulan Januari, font Chirp digunakan untuk kebutuhan promosi dan grafis, tapi belum dipakai sebagai font utama di aplikasi atau feed. Kini, Twitter menjadikan font Chirp sebagai font utama di web, mobile web, aplikasi Android dan iOS.

Selain itu, Twitter juga menjadikan teks cuitan yang ditulis dalam bahasa Barat menjadi rata kiri. Mereka mengatakan perubahan ini dibuat agar cuitan bisa lebih mudah dibaca sambil scrolling layar.

Perubahan paling besar terlihat di web Twitter.com. Warnanya kini dibuat lebih high-contrast begitu juga dengan tombolnya. Latar belakang abu-abu dan garis pemisah juga berkurang.

Salah satu perubahan terbesarnya adalah warna biru yang menjadi ciri khas Twitter justru berkurang. Misalnya, cuitan dan ikon navigasi kini berubah menjadi warna hitam saat menggunakan tema Twitter default dengan latar belakang putih.

"Kami memperbarui warna kami menjadi kontras tinggi dan warna biru jadi lebih sedikit -- perubahan yang dibuat untuk menarik perhatian ke foto dan video yang kalian buat dan bagikan," kata Twitter lewat akun @TwitterDesign, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (12/8/2021).

Twitter juga berjanji akan meluncurkan warna baru dalam waktu dekat, tapi tidak diketahui dengan pasti apa maksud mereka. Saat ini pengguna yang sudah berlangganan Twitter Blue bisa mengubah warna dan ikon aplikasi, tapi layanan itu baru tersedia untuk iOS di Kanada dan Australia saat ini.

Netizen yang sudah melihat tampilan baru Twitter pun langsung ramai membahas perubahan desain ini. Saking ramainya, kata kunci 'Font' sampai trending di Twitter hingga Kamis (12/8) sore dengan lebih dari 441 ribu cuitan.

Sebagian pengguna ada yang kaget melihat tampilan baru Twitter, ada juga yang merasa aneh melihat beberapa huruf yang digunakan. Bahkan ada juga yang mengeluh sakit kepala dan kesulitan membaca font baru Twitter.

"font baru r nya gemoi," kata pengguna Twitter @evoctvesungchan.

"Ini font twitter ganti ya jd berasa mbulat mbulat kayanya g nya dulu gag gini gag sig," ujar netizen @depressionceri.

"Mata aku udah minus ditambah font twitter makin kecil, makin sakit aku bacanya😭😭😭," kata @bybluewind.

"Ubah font twitter bisa gak si🥲 greget bgt huruf g nya kek uget2," ujar @ejaeaj.

Kalian juga sudah melihat font dan tampilan baru Twitter detikers? Apakah membuat Twitter jadi terlihat lebih segar atau justru bikin mata pusing saat membaca?

(vmp/fay)