Akun Remaja di Instagram Bakal Jadi Privat Secara Otomatis

Akun Remaja di Instagram Bakal Jadi Privat Secara Otomatis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 29 Jul 2021 18:50 WIB
Instagram akan atur akun milik remaja menjadi private secara default
Instagram Akan Atur Akun Remaja Jadi Private Secara Otomatis Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram mengenalkan sejumlah inisiatif baru untuk meningkatkan privasi dan keamanan penggunanya yang masih di bawah umur. Salah satunya dengan membuat akun milik pengguna remaja menjadi privat secara default.

Mulai saat ini, pengguna yang membuat akun Instagram baru akan secara otomatis diatur menjadi privat jika usia mereka di bawah 16 tahun (atau 18 tahun di negara tertentu). Tapi mereka tetap diberi opsi untuk memilih akun publik, termasuk saat mendaftar akun baru.

Sebelumnya, ketika pengguna membuat akun Instagram baru mereka boleh memilih antara akun publik atau privat. Tapi Instagram mengatakan hasil riset mereka menemukan delapan dari 10 anak muda memilih opsi privat saat mendaftar akun baru, sehingga opsi ini dibuat jadi default untuk pengguna berusia 16 tahun ke bawah.

Sedangkan pengguna di bawah umur yang saat ini sudah memiliki akun Instagram akan menerima notifikasi yang mengajak mereka untuk beralih ke akun privat, lengkap dengan panduan langkah dan manfaatnya,

Inisiatif Instagram ini mengikuti langkah TikTok yang pada awal tahun ini mengatur akun milik pengguna berusia 13-15 tahun menjadi privat untuk menjaga keamanan mereka saat di internet.

Instagram juga membatasi interaksi antara pengguna di bawah umur dengan akun orang dewasa yang mencurigakan. Mereka mengklaim bisa mengidentifikasi perilaku mencurigakan dari akun, misalnya jika akun tersebut pernah dilaporkan atau diblokir oleh pengguna di bawah umur.

Nantinya pengguna yang mencurigakan ini akan dipisahkan dari pengguna di bawah umur. Konten mereka tidak akan ditampilkan di Explore, Reels atau halaman Accounts Suggested for You, serta tidak bisa melihat komentar atau meninggalkan komentar di akun pengguna berusia 16 tahun ke bawah.

"Kami berusaha mencari tahu jika orang dewasa memperlihatkan perilaku yang mencurigakan," kata Head of Public Policy Instagram Karina Newton kepada NBC News, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (29/7/2021).

"Orang dewasa itu mungkin belum melanggar aturan, tapi mungkin sudah melakukan hal yang membuat kami harus mengawasinya dengan seksama," sambungnya.

Facebook sebagai induk Instagram juga mengenalkan sistem baru tentang bagaimana pengiklan bisa menargetkan iklan untuk pengguna yang berusia di bawah 18 tahun.

Sebelumnya, semua pengguna bisa melihat iklan yang sesuai dengan ketertarikan dan aktivitas mereka. Kini pengiklan di Facebook, Instagram dan Messenger hanya bisa menargetkan iklan untuk pengguna di bawah umur sesuai dengan umur, gender dan lokasi.

Di saat yang sama, Facebook juga masih mengembangkan aplikasi Instagram khusus untuk anak-anak berusia 13 tahun ke bawah. Rencana ini pertama kali dilaporkan oleh BuzzFeed News pada Maret lalu, dan langsung disambut oleh kritik.

Newton mengatakan aplikasi Instagram untuk anak-anak di bawah 13 tahun masih dikembangkan dan mereka telah berkonsultasi dengan pakar pengembangan anak dan penggiat privasi untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan anak muda.

"Kami sedang mencoba membangun sesuatu yang menarik untuk remaja dan berfungsi untuk orang tua," kata Newton.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)