Daftar Clubhouse Kini Tak Perlu Pakai Undangan Lagi

Daftar Clubhouse Kini Tak Perlu Pakai Undangan Lagi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 22 Jul 2021 22:35 WIB
Logo baru Clubhouse
Daftar Clubhouse Kini Tak Perlu Pakai Undangan Lagi Foto: dok. Clubhouse
Jakarta -

Setelah setahun Clubhouse akhirnya keluar dari fase beta. Kini siapa saja yang ingin memiliki akun Clubhouse bisa mendaftar tanpa perlu undangan dan tidak lagi masuk ke dalam daftar tunggu atau wait list.

Untuk merayakan keluarnya Clubhouse dari fase beta, mereka mengenalkan logo baru yang mirip seperti emoji melambaikan tangan. Aplikasi audio chat ini juga mengenalkan ikon komunitas mereka yaitu Justin 'Meezy' Williams, seorang pebisnis di dunia hiburan Amerika.

"Sistem 'undangan' atau invite telah menjadi bagian penting dari sejarah awal Clubhouse," tulis Clubhouse dalam keterangan resminya yang diterima detikINET, Kamis (22/7/2021).

"Hingga kini, Clubhouse terus mengembangkan aplikasi ini dengan memungkinkan para pengguna untuk menambahkan orang baru dalam komunitas Clubhouse, menyambut orang baru setiap minggu di room 'Wednesday Orientations', dan berbicara dengan komunitas setiap hari Minggu di room 'townhall'," imbuh mereka.



Popularitas Clubhouse meroket di awal tahun 2021, padahal saat itu aplikasi ini hanya tersedia di iOS. Clubhouse mengaku berhasil menggaet 10 juta pengguna baru setelah meluncurkan aplikasi untuk Android pada Mei 2021.

Berdasarkan data Sensor Tower, Clubhouse mencapai puncak popularitasnya pada Februari 2021 dengan total download 9,6 juta. Pada bulan Juni, Clubhouse diinstal 7,7 juta kali di Android dan iOS.

Jumlah rooms yang menjadi tempat diskusi berkembang dari 50.000 menjadi 500.000 setiap harinya. Clubhouse mengatakan rata-rata pendengar diskusi menghabiskan satu jam setiap hari di aplikasi tersebut.

Dibukanya Clubhouse untuk publik diumumkan hanya seminggu setelah mereka mengenalkan fitur messaging bernama Backchannel. Fitur ini sudah digunakan untuk mengirim 90 juta direct messages dalam waktu seminggu setelah diluncurkan.

Setelah ini, Clubhouse akan menghadapi persaingan yang lebih ketat. Di saat mereka masih membangun aplikasinya untuk Android, produk diskusi audio online langsung ramai bermunculan, seperti Twitter Spaces, yang langsung tersedia untuk semua pengguna.

Agar bisa bersaing dengan platform lain dan terus menyegarkan aplikasinya, Clubhouse berencana akan mengeluarkan update besar setiap satu atau dua minggu.



Simak Video "Clubhouse Android Beta Hadir di Seluruh Dunia pada Minggu Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)