Clubhouse Rilis Fitur Perpesanan, Saingi WhatsApp?

Clubhouse Rilis Fitur Perpesanan, Saingi WhatsApp?

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 15 Jul 2021 14:49 WIB
Clubhouse Backchaneel
Clubhouse hadirkan fitur pengiriman pesan bernama Blackchannel. Foto: dok Clubhouse
Jakarta -

Setelah sempat bocor beberapa waktu lalu, Clubhouse akhirnya merilis fitur perpesanan. Diberi nama Backchannel, mau saingi WhatsApp nih?

Layaknya layanan pesan instan pada umumnya, termasuk WhatsApp, fitur Backchannel milik Clubhouse ini memungkinkan pengguna berkirim pesan antara dua individu ataupun dalam format grup. Namun diberikan inbox atau kotak masuk berisi permintaan pengiriman pesan dari akun lain.

Bila melihat tujuan dihadirkan fitur ini rasanya Backchannel bukanlah untuk menyaingi WhatsApp atau layanan sejenisnya. Tapi lebih memudahkan pengguna untuk berkoordinasi dan meningkatkan interaksi pembicara dan pendengar saat sesi obrolan berlangsung. Berikut kegunaan fitur Backchannel di Clubhouse:

5 hal yang dilakukan di Backchannel Clubhouse

1. Berdiskusi di rooms secara real-time

Jika kamu seorang pembicara, kamu dapat menggunakan Backchannel untuk mengobrol dengan rekan pembicara lainnya, menyiapkan pertanyaan apa yang akan diajukan selanjutnya, atau memilih siapa audiens yang akan dipersilakan masuk ke rooms.

Jika kamu seorang pendengar, kamu dapat mengobrol dengan teman-teman sesama pendengar selagi mendengarkan diskusi yang sedang berlangsung di rooms. Cukup ketuk ikon 'pesawat' atau geser layar ke kiri, untuk mengakses Backchannel.

2. Kirim dan terima pertanyaan dari audiens

Jika kamu seorang pembicara, sekarang kamu dapat menjawab pertanyaan dari audiens melalui teks. Selain itu dapat menyaring pertanyaan yang masuk melalui teks untuk kemudian memilih audiens mana yang akan dipersilakan masuk ke rooms untuk berbicara atau menyampaikan pertanyaan tersebut secara langsung.

Jika kamu seorang pendengar, sekarang kamu dapat mengajukan pertanyaan melalui teks bilamana tidak mendapatkan kesempatan untuk berbicara di rooms.

3. Menyampaikan terima kasih secara langsung kepada sesama pengguna Clubhouse

Kamu dapat menggunakan Backchannel untuk berkomunikasi dengan teks secara langsung kepada sesama pengguna Clubhouse, baik sebagai pembicara atau pendengar. Bisa untuk mengucapkan terima kasih atas partisipasi mereka dalam sebuah rooms atau atas kiriman undangan untuk bergabung ke sebuah rooms.

4. Merencanakan acara

Banyak hal yang perlu disiapkan untuk melangsungkan sebuah acara atau sebuah rooms di Clubhouse. Kini kamu bisa melakukan koordinasi dengan lebih mudah melalui teks dengan berbagai pihak demi kesuksesan acara atau rooms tersebut.

5. Mengobrol dengan teman-teman di Clubhouse

Saat kamu bertemu orang-orang baru di Clubhouse, akan lebih baik jika dapat membangun relasi lebih lanjut dengan mereka. Kini kamu dapat tetap berkontak dengan mereka melalui Backchannel.



Simak Video "Clubhouse Android Beta Hadir di Seluruh Dunia pada Minggu Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)