Spotify Luncurkan Greenroom Buat Tantang Clubhouse

Spotify Luncurkan Greenroom Buat Tantang Clubhouse

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 17 Jun 2021 15:10 WIB
Spotify Greenroom
Spotify Luncurkan Greenroom untuk Saingi Clubhouse Foto: dok. Spotify
Jakarta -

Spotify menjadi perusahaan kesekian yang meluncurkan aplikasi live audio chat. Layanan streaming musik ini baru saja meluncurkan Greenroom untuk menyaingi Clubhouse dan Twitter Spaces.

Ini merupakan percobaan pertama Spotify dalam membuat platform jejaring sosial. Lewat aplikasi ini, pengguna Spotify bisa memulai atau mendengarkan percakapan tentang olahraga, musik, budaya, dan lain-lain.

Aplikasi ini sebenarnya merupakan versi re-branded dari Locker Room, aplikasi audio yang diakuisisi Spotify beberapa bulan yang lalu. Kode yang digunakan masih sama, dan Spotify mengatakan pengguna Locker Room akan melihat aplikasinya berubah menjadi Greenroom saat diperbarui.

Locker Room sebelumnya hanya fokus untuk percakapan tentang olahraga, tapi setelah berubah menjadi Greenroom jadi mencakup lebih banyak topik. Tampilan aplikasinya juga berubah dengan mengadopsi skema warna hijau dan hitam ala Spotify.

Pengguna Spotify yang ingin bergabung dengan Greenroom cukup login menggunakan akun Spotify-nya saat ini. Setelah mendaftar, pengguna akan dipandu untuk mencari topik yang sesuai dengan minat mereka.

Fitur-fitur Greenroom terbilang mirip seperti Clubhouse dan Twitter Spaces. Pembicara akan terlihat di bagian atas layar dengan ikon yang berukuran lebih besar, sedangkan daftar pendengar akan berada di bagian bawah dengan ikon yang lebih kecil.

Ada opsi mute, kontrol untuk moderasi, dan moderator bisa mengizinkan pendengar untuk ikut berbicara. Satu ruang percakapan bisa menampung 1.000 orang dan Spotify berencana untuk menambah kapasitasnya.

Pendengar juga bisa menyemangati pembicara dengan memberikan 'gems'. Ini merupakan fitur yang dibawa dari Locker Room. Saat ini gems tidak memiliki nilai untuk diuangkan, tapi sepertinya ini akan menjadi langkah selanjutnya mengingat Greenroom tidak menawarkan monetisasi untuk penggunanya.

Greenroom juga memiliki beberapa fitur kunci yang membedakannya dengan aplikasi serupa. Misalnya ada fitur live text chat yang bisa diaktifkan atau dimatikan oleh pembicara.

Pembicara juga bisa meminta file audio dari sesi percakapannya yang kemudian bisa mereka edit untuk diunggah menjadi episode podcast. Spotify juga akan merekam semua percakapan live untuk memoderasi konten, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (17/6/2021).

Spotify Greenroom kini sudah hadir di iOS dan Android di 135 negara. Saat ini aplikasi tersebut baru tersedia dalam bahasa Inggris tapi akan diperluas setelahnya.

Spotify kini menjadi pemain terbaru yang terjun ke dunia live audio chat. Setelah popularitas Clubhouse melesat, perusahaan seperti Twitter, Facebook, Slack, LinkedIn, Reddit, dan Discord sudah membuat platform serupa.



Simak Video "Spotify Hadirkan 'Greenroom', Layanan Pesaing Clubhouse"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)