Clubhouse Android Raup 1 Juta Pengguna dalam 2 Minggu

Clubhouse Android Raup 1 Juta Pengguna dalam 2 Minggu

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 25 Mei 2021 22:36 WIB
Clubhouse Android
Clubhouse Android Raup 1 Juta Pengguna dalam Dua Minggu Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Setelah lama ditunggu, Clubhouse akhirnya meluncurkan aplikasinya untuk platform Android. Dua minggu setelah diluncurkan di Android, aplikasi ini sudah memiliki lebih dari satu juta pengguna.

Clubhouse versi Android pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada 9 Mei. Barulah pada 21 Mei lalu aplikasi audio chat ini dirilis untuk pengguna Android di seluruh dunia.

Pencapaian ini diungkapkan oleh co-founder Clubhouse Paul Davidson dalam program town hall pada Minggu (23/5). Davidson juga mengumumkan Clubhouse versi Android akan segera mendapatkan lebih banyak fitur agar setara dengan versi iOS.

"Kami bekerja sangat keras untuk mencapai kesamaan fitur di versi Android yang mirip dengan iOS. Sangat penting bagi kami bahwa aplikasi memiliki serangkaian fitur yang sama," kata Davidson, seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (25/5/2021).

Salah satu fitur yang akan dibawa Clubhouse ke Android adalah pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan tip ke kreator favoritnya. Saat ini fitur tersebut baru tersedia untuk iOS dan terbatas di AS, tapi akan diperluas ke lebih banyak negara.

Fitur lainnya yang akan datang antara lain rekomendasi pengguna untuk diikuti, pemberitahuan rekomendasi topik, menambahkan lonceng untuk RSVP event, dan memperbaiki bug di bio.

Sedangkan fitur baru yang sudah diluncurkan memungkinkan kreator untuk melihat daftar orang yang memberikan tip dan menyediakan cara untuk mengucapkan terima kasih, menampilkan riwayat kreator yang pernah didengar, dan tag profil di bio.

Clubhouse juga berupaya untuk menyelesaikan keluhan pengguna Android yang baru saja mendaftarkan akun barunya. Banyak pengguna yang mengeluhkan tidak menerima kode verifikasi saat membuat akun baru dan saat memasukkan ulang nomor telepon, mereka mendapat notifikasi bahwa nomor telepon itu salah atau tidak didukung.

Pencapaian ini tentu merupakan angin segar bagi Clubhouse yang popularitasnya terus turun dalam beberapa bulan belakangan. Berdasarkan data Sensor Tower, Clubhouse diunduh sebanyak 922.000 kali pada bulan April, yang menunjukkan penurunan 66% dari 2,7 juta instal di bulan Maret.

Posisi Clubhouse semakin goyah setelah sejumlah raksasa teknologi seperti Twitter, Facebook, Reddit dan LinkedIn juga meluncurkan layanan audio chat.



Simak Video "Aplikasi Clubhouse Akhirnya Muncul di Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)