Tantang TikTok, YouTube Shorts Hadir di 100 Negara

Tantang TikTok, YouTube Shorts Hadir di 100 Negara

Josina - detikInet
Selasa, 13 Jul 2021 15:00 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Setelah dirilis secara terbatas di India pada akhir tahun lalu, serta masih versi beta untuk kawasan AS pada awal tahun 2021, kini Short yang adalah platform aplikasi mirip TikTok besutan YouTube telah hadir di 100 negara. Hal tersebut diumumkan secara resmi oleh Google sebagaimana dilansir detikINET dari Engadget.

Dengan peresmian Shorts, pengguna dapat melihat tools untuk menjadi kreator Shorts di mana sebelumnya mereka cuma hanya bisa melihat saja. Pengguna nantinya dapat membuat dan merekam video pendek berdurasi sampai 60 detik.

"Dengan dua miliar pengguna tiap bulan, partner label dan publisher kami melihat potensi yang cukup besar di Shorts bagi para artis, penyanyi dan seniman untuk memperluas jangkauan penggemar dan dapat berinteraksi secara langsung," kata YouTube Global Head of Music, Lyor Cohen seperti dikutip dari Hypebot.

"Dengan layanan baru yang menarik ini, kreator dan penggemar akan dapat secara langsung mengekspresikan kecerdikan dan hasrat mereka dengan berinteraksi dengan artis musik global dan musik yang mereka sukai." lanjutnya.

Sementara itu Google juga memastikan kemitraan dengan label musik dan para penyanyi akan mendapatkan kompensasi yang adil untuk penggunaan musik dalam video pendek di Shorts.



Simak Video "Beda YouTube Shorts dengan TikTok dan 'Reels' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)