Google Ungkap Fitur Game Mode di Android 12

Google Ungkap Fitur Game Mode di Android 12

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 13 Jul 2021 10:45 WIB
Android 12
Google Ungkap Fitur Game Mode yang ada di Android 12 Foto: dok Google
Jakarta -

Google mengungkap salah satu fitur terbesar yang akan hadir di Android 12 yaitu Game Mode. Tidak hanya itu, Android 12 juga akan memungkinkan gamer memainkan game sebelum selesai di-download.

Dalam event Games Developer Conference, Google membagikan fitur-fitur gaming apa saja yang akan hadir di Android 12. Salah satunya adalah Game Dashboard yang menyediakan akses cepat untuk beberapa fungsi yang berguna saat main game.

Dashboard ini berisi fitur-fitur yang berguna untuk gamer seperti mengambil screenshot, merekam layar, melihat FPS, dan mengaktifkan do not disturb (DND). Semua fitur ini bisa diakses lewat tombol yang ada di bagian atas dashboard.

Ada juga beberapa tombol lainnya, termasuk tombol untuk streaming ke YouTube Live bagi gamer, melihat achievements yang telah diraih, dan mengatur optimasi bagi game-game yang didukung.

Optimasi ini bisa dilakukan berkat Game Mode API yang memudahkan gamer untuk memilih antara menghemat baterai dengan mengaktifkan opsi Battery Saver, atau menampilkan frame rate tertinggi dengan mengaktifkan opsi Performance.

Google mengatakan fitur Game dashboard ini akan tersedia di perangkat Android 12 tertentu dalam beberapa bulan ke depan, seperti dikutip dari 9to5Google, Selasa (13/7/2021).

Google juga mengungkap fitur 'Play as You Download' yang akan meningkatkan pengalaman gaming di Android 12. Fitur ini memungkinkan gamer memainkan game pilihannya sebelum selesai diunduh.

Fitur Play as You Download di Android 12Fitur Play as You Download di Android 12 Foto: dok. Google

Game yang mendukung fitur ini akan memiliki ikon petir di tombol Install yang ada di halaman Play Store. Google mengatakan fitur ini tersedia untuk game yang menggunakan sistem Play Asset Delivery.

Dari demonstrasi yang ditampilkan, game bisa langsung dimainkan meski indikator di Play Store menunjukkan game itu baru diunduh 18%. Google mengatakan lewat fitur ini mereka melihat game baru bisa dibuka dua kali lebih cepat.



Simak Video "Fitur-fitur Terbaru di Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)