WhatsApp Akan Hadirkan Fitur View Once di iOS

WhatsApp Akan Hadirkan Fitur View Once di iOS

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 12 Jul 2021 07:55 WIB
Jakarta -

WhatsApp belum lama ini merilis fitur bernama View Once di Android yang bisa menghapus foto dan video secara otomatis setelah dilihat oleh penerima. Kini setelah hadir di Android, WhatsApp juga akan menghadirkan View Once di iOS.

Kedatangan fitur View Once di iOS ditemukan oleh laman WABetaInfo di WhatsApp beta untuk iOS versi 2.21.140.9. Fitur ini belum dibuka untuk semua pengguna WhatsApp di iOS dan terbatas untuk penguji coba beta saja.

Sama seperti di Android, fitur View Once di iOS juga memungkinkan pengguna untuk mengirimkan foto, video dan GIF yang bisa langsung menghilang setelah dilihat penerima. Fitur ini tersedia untuk chat individu dan grup.

Fitur View Once WhatsApp di iOSPesan pop-up setelah fitu View Once diaktifkan Foto: WABetaInfo

Cara menggunakannya juga sama, pertama pilih foto, video atau GIF yang hendak dikirim. Di kolom Add a Caption, kalian akan melihat ikon angka 1 dalam lingkaran.

Klik ikon tersebut dan WhatsApp akan menampilkan pesan po-up yang mengatakan fitur View Once sudah diaktifkan. WhatsApp juga memperingatkan pengguna bahwa penerima pesan tetap bisa mengambil screenshot dari foto atau video yang dikirimkan.

Pengirim pesan juga tidak akan menerima notifikasi jika penerima mengambil screenshot dari konten yang dikirim. Jadi pengguna WhatsApp diimbau berhati-hati saat menggunakan fitur ini.

Fitur View Once WhatsApp di iOSMessage info Foto: WABetaInfo

Setelah fitur View Once diaktifkan, kirim foto atau video seperti biasa. Begitu foto atau video dikirim, konten itu akan langsung hilang dari ponsel kalian dan akan hilang di ponsel penerima begitu sudah dibuka, seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (12/7/2021).

Jika kalian melihat pesan 'Opened' di dalam chat, itu artinya foto atau video sudah dibuka dan menghilang. Pengguna bisa melihat detail lainnya, seperti siapa yang membuka foto atau video di grup, lewat Message Info.

Saat ini fitur View Once di Android dan iOS baru tersedia untuk pengguna beta. Belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkan fitur ini secara luas, tapi CEO Facebook Mark Zuckerberg sudah memberikan sinyal kalau fitur ini akan segera tersedia untuk semua pengguna.

(vmp/afr)