Asyik, WhatsApp Uji Coba Kirim Foto Berkualitas Tinggi

Asyik, WhatsApp Uji Coba Kirim Foto Berkualitas Tinggi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 10 Jul 2021 05:31 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Uji Coba Krim Foto Berkualitas Tinggi Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp ketahuan sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirimkan video dengan kualitas tinggi. Kini WhatsApp juga mengembangkan fitur yang sama untuk foto.

WABetaInfo menemukan fitur ini di WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.14.6. Sama seperti fitur yang dikembangkan untuk video, pengguna WhatsApp nantinya bisa memilih kualitas foto yang akan dikirim, termasuk kualitas tertinggi.

Saat ini jika pengguna WhatsApp mengirimkan foto di chat kualitasnya akan turun karena ukurannya dikompres. Jika ingin mengirimkan foto dalam kualitas terbaiknya, harus dikirimkan sebagai dokumen.

Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp tidak lagi harus melewati cara yang rumit untuk mengirimkan foto berkualitas tinggi. Karena WhatsApp memberikan opsi bagi pengguna untuk mengirimkan foto sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Dari screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, pengguna WhatsApp bisa memilih kualitas foto yang hendak dikirim lewat menu 'Storage and Data' di pengaturan.

Opsi kualitas foto yang bisa dipilih penggunaOpsi kualitas foto yang bisa dipilih pengguna WhatsApp Foto: WABetaInfo

WhatsApp menawarkan tiga opsi kualitas foto yang bisa dipilih yaitu Auto, Best quality dan Data saver, sama seperti yang ditawarkan untuk mengirimkan video, seperti dikutip dari WABetaInfo, Jumat (9/7/2021).

Auto merupakan opsi yang disarankan dan WhatsApp akan mendeteksi algoritma kompresi apa yang cocok untuk foto. Best quality tentu saja memungkinkan pengguna untuk mengirimkan foto dengan kualitas terbaik, sedangkan Data saver akan mengompres foto secara optimal untuk memangkas ukurannya dan menghemat kuota data.

Belum diketahui apakah opsi Best quality benar-benar mengirimkan foto sesuai kualitasnya atau sedikit dikompresi. Apakah fitur ini akan tersedia untuk foto yang diunggah di WhatsApp Status juga belum diketahui.

Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan baru akan tersedia untuk penguji coba beta dalam update selanjutnya. Karena masih dalam tahap pengembangan, sepertinya pengguna WhatsApp harus menunggu cukup lama untuk mencicipi fitur ini.

Ini bukan satu-satunya fitur baru untuk berkirim foto dan video yang sedang dikembangkan WhatsApp. Belum lama ini aplikasi milik Facebook tersebut meluncurkan fitur 'View once' yang bisa menghapus foto, video dan GIF secara otomatis setelah dilihat sekali oleh penerima.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)