Awas! Hoax Pesan WhatsApp Cara Cek Bantuan PPKM Rp 300 Ribu

Awas! Hoax Pesan WhatsApp Cara Cek Bantuan PPKM Rp 300 Ribu

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 11 Jul 2021 15:05 WIB
Hoax PPKM di WhatsApp
Pesan hoax cek bansos PPKM viral di WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Belakangan ini marak beredar pesan WhatsApp berisikan cara pengecekan bantuan PPKM secara online. Awas hoax, bukan dapat bantuan malah nanti terkena penipuan.

"Cek nama Anda untuk menerima bantuan PPKM sebesar Rp 300.000. Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat. Daftar lengkap https://bungappkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli. Program ditutup 3 Hari Lagi," demikian isi pesan WhatsApp yang detikINET terima.

Pihak Kementerian Sosial (Kemensos) lewat akun Instagramnya telah memastikan hal tersebut tidak benar. Mereka meminta masyarakat yang menerima pesan tersebut untuk tidak disebarluaskan karena hoax.

"Jika kalian mendapatkan pesan di atas, stop di kamu, ya. Jangan disebarluaskan karena itu hoaks. Yuk pastikan saring sebelum sharing!" tulis akun @kemensosri.

Selain alamat link di atas, Kemensos turut mengungkap situs lain yang digunakan untuk hoax cek bantuan PPKM. Situs tersebut beralamatkan https://subsidippkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli.

Kemensos menegaskan pihaknya tidak pernah membuat website untuk pendaftaran penerima bantuan sosial Rp 300.000. Apalagi dibuat pesan berantai.

[Gambas:Instagram]



Pemerintah memang mengeluarkan program Pemulihan Ekonomi Nasioanl (PEN) dengan memberikan perlindungan sosial, salah satunya dalam bentuk Bantuan Sosial Tunai (BST).

Sejak April 2020, Kemensos menyalurkan BST senilai Rp 300.000 per bulan melalui PT Pos Indonesia. Untuk tahun 2021, BST disalurkan bulan Januari hingga April. Kemudian BST ditambah dua bulan yakni bulan Mei dan Juni yang disalurkan seklaigus bulan Juli.

Adapun penerima BST merupakan keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diusulkan oleh pemerintah daerah.

Untuk mengecek kepesertaan BST dapat melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/



Simak Video "Geger Isu Demo Besar-besaran Tolak PPKM Darurat di Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)