Twitter Siapkan Fitur Baru Ala Instagram Close Friends

Twitter Siapkan Fitur Baru Ala Instagram Close Friends

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 04 Jul 2021 07:42 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Twitter Siapkan Fitur Baru Ala Instagram Close Friends Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta -

Twitter memamerkan tiga konsep awal untuk fitur terbarunya. Salah satunya adalah fitur 'Trusted Friends' yang sekilas mirip fitur 'close friends' yang ada di Instagram.

Sesuai namanya, fitur Trusted Friends memungkinkan pengguna untuk mengirimkan cuitannya ke feed publik agar bisa dilihat oleh semua followers-nya atau hanya untuk akun-akun tertentu saja, misalnya teman dan keluarga.

Fitur ini diharapkan bisa membantu pengguna Twitter yang memiliki banyak akun, seperti akun pribadi dan akun alternatif, atau yang selalu beralih dari akun publik ke akun private.

Konsep kedua mirip seperti Trusted Friends tapi sedikit lebih rumit. Fitur bernama Facets ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan cuitan yang dibagi ke dalam beberapa kategori.

Fitur ini berguna untuk pengguna yang sering mengirimkan cuitan tentang berbagai aspek kehidupannya, termasuk soal pekerjaan, kehidupan pribadi, hobi, bisnis dan lain-lain.

Pengguna lain pun bisa mengikuti salah satu topik cuitan yang ada, tanpa perlu mengikuti akun kreatornya. Contohnya, follower yang mengikuti pengguna karena sama-sama suka sepakbola tidak akan dibanjiri oleh cuitan lain yang tidak sesuai topik yang tidak diikuti.

Terakhir, ada fitur yang memungkinkan pengguna Twitter untuk memblokir kata atau kalimat tertentu yang tidak ingin dilihat di balasan cuitannya. Dalam contoh yang ditampilkan Twitter, kata yang diblokir adalah makian seperti 'as****e' dan jika ada pengguna lain yang membalas cuitan dengan kata ini akan muncul peringatan.

Twitter mengatakan pengguna lain yang membalas dengan kata yang diblokir tersebut bisa saja mengabaikan peringatan yang ditampilkan. Tapi pengguna memiliki opsi untuk menempatkan balasan yang melanggar aturan ini ke bagian bawah percakapan, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (4/7/2021).


Twitter menekankan fitur-fitur ini baru sekedar konsep dan tidak dikembangkan secara aktif. Konsep fitur ini dipamerkan untuk membantu mereka mengumpulkan feedback awal dari pengguna sebelum dikembangkan dan diuji coba.

Fitur-fitur baru Twitter juga sering bocor duluan sebelum diumumkan secara resmi. Dengan mengumumkan konsep ini duluan, maka media sosial berlogo burung ini bisa mencegah tipster dari luar untuk membocorkan rencananya.



Simak Video "Mudah! Cara Bagikan Cuitan Twitter ke Instagram Stories"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/jsn)