Google Messages Akan Otomatis Hapus Pesan OTP

Google Messages Akan Otomatis Hapus Pesan OTP

Josina - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 10:17 WIB
MILAN, ITALY - NOVEMBER 06:  A general view of atmpsphere during the IF! Italians Festival at Franco Parenti Theater on November 6, 2015 in Milan, Italy.  (Photo by Pier Marco Tacca/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Ada beberapa layanan yang menggunakan sistem pengiriman pesan berisikan kode OTP atau one-time password yang biasanya berupa enam digit angka ke pengguna melalui sms atau email.

Kode OTP ini adalah sebagai bentuk autentikasi saat pengguna ingin mendaftar atau login sebuah akun dari aplikasi.

Nah, kerap sms-sms berisikan OTP ini menumpuk di kotak masuk di mana pengguna biasanya lupa untuk menghapus pesannya tersebut.

Namun untuk kamu pengguna Google Messages tak perlu repot menghapusnya karena adanya fitur otomatis yang dapat menghapus pesan-pesan OTP tersebut.

Dilansir detiKINET dari Gizmochina, Kamis (1/7/2021) di antara fitur baru yang akan diluncurkan Google ke aplikasi pesan di India adalah penghapusan otomatis SMS OTP setelah periode tertentu atau khususnya setelah 24 jam.

Google juga telah mengumumkan aplikasi tersebut akan menggunakan pembelajaran mesin yang secara otomatis akan mengurutkan pesan pengguna ke dalam kategori.

Google Messages akan diklasifikasikan menjadi pesan pribadi, transaksi, OTP, dan penawaran sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan pesan tertentu.

Sayangnya fitur-fitur ini baru akan mulai diluncurkan ke pengguna India saja dengan perangkat berbasis Android 8 dan lebih tinggi dan dalam beberapa minggu ke depan dalam bahasa Inggris.

Google menegaskan kembali bahwa fitur ini opsional dan sehingga pengguna dapat mematikan fungsi tersebut. Belum ada kabar kapan akan fitur ini akan tersedia untuk wilayah lain.



Simak Video "Google Umumkan 8 Startup yang Telah Lulus dari Program Akselerasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)