WhatsApp Akan Luncurkan Fitur Mode Menghilang

WhatsApp Akan Luncurkan Fitur Mode Menghilang

Josina - detikInet
Senin, 17 Mei 2021 14:49 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan mode fitur baru yang yakni Disappearing mode atau menghilang. Fitur ini menjadi upaya WhatsApp untuk meningkatkan privasi pengguna di iOS dan Android.

Dilansir detiKINET 9to5Mac, Senin (17/5/2021) dalam tangkapan gambar yang ditujukan oleh WABEtaInfo saat pengguna mengaktifkan mode ini maka riwayat obrolan ataupun grup di WhatsApp akan menghilang secara otomatis setelah si penerima membaca pesan tersebut.

"Saat pengguna mengaktifkan Mode Menghilang, obrolan baru akan dimulai dengan pesan menghilang." tulis WABetaInfo.

Demikian pengguna tak perlu lagi direpotkan dengan mengaktifkan fitur disappearing message secara manual dan satu persatu di setiap pesan pribadi atau grup WhatsApp.

Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna cukup membuka pengaturan lalu pilih Privasi dan pilih Disappearing Mode. Begitu diaktifkan pengguna akan diberikan petunjuk yang menyatakan ketika opsi ini diaktifkan pesan baru akan menggunakan disappearing messages.

mode disappearing whatsappmode disappearing whatsapp Foto: Dok. WABetaInfo



Melansir dari Mobile Syrup pengguna sebelumnya sudah bisa menikmati fitur aplikasi pesan disappearing message untuk 7 hari. Dengan mengaktifkan fitur ini maka pesan yang terkirim akan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari.

WhatsApp juga akan membuat fitur disappearing message dengan menghadirkan opsi hapus pesan secara otomatis setelah 24 jam. Sayangnya belum jelas kapan fitur tersebut akan segera dirilis untuk publik.

Sebagai informasi tambahan pada Sabtu (15/5) WhatsApp mulai memberlakukan kebijakan aturan privasi terbarunya. Bagi pengguna yang belum menyetujui aturan tersebut perlahan akan kehilangan akses ke beberapa fitur WhatsApp hingga mereka menerima persyaratan baru.

Misalnya, pengguna pertama-tama akan kehilangan kemampuan untuk mengakses daftar obrolan. Kemudian, panggilan audio dan video akan berhenti berfungsi dan pengguna tidak akan lagi menerima pemberitahuan pesan baru di WhatsApp.

Akun yang dianggap tidak aktif karena tidak menerima aturan privasi baru pada akhirnya akan dihapus setelah 120 hari. Dengan demikian, cepat atau lambat pengguna yang ingin terus memakai WhatsApp harus menerima persetujuan tersebut.



Simak Video "Kebijakan Baru WhatsApp Mulai Berlaku Hari Ini, Sudah Tahu?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)