Nasib Pengguna yang Tolak Kebijakan Baru WhatsApp

Nasib Pengguna yang Tolak Kebijakan Baru WhatsApp

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 15 Mei 2021 15:19 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

WhatsApp menegaskan tidak akan menghapus akun pengguna yang menolak aturan privasi terbaru yang mulai berlaku hari ini, Sabtu (15/5/2021). Namun merasakan dampak kebijakan baru WhatsApp ini dengan dibatasinya fitur-fitur.

"Berkaitan dengan pembaruan ini, WhatsApp tidak akan menghapus akun pengguna dan tidak satu pengguna pun akan kehilangan fungsionalitas WhatsApp pada tanggal 15 Mei 2021," ujar WhatsApp.

Sebelum diterapkan aturan privasi terbaru ini, WhatsApp rajin menampilkan notifikasi kepada pengguna, di mana di dalamnya memuat informasi kebijakan layanan pesan instan yang teranyar agar dapat ditinjau pengguna.

"Setelah memberi waktu kepada para pengguna untuk meninjau perubahan, kami terus mengingatkan pengguna yang belum sempat meninjau dan menerima pembaruan untuk melakukannya. Setelah beberapa minggu, peringatan yang diterima pengguna akan ditampilkan secara terus-menerus," tuturnya.

Apabila pengguna terus-menerus mendapatkan peringatan persetujuan Terms of Service (ToS) baru WhatsApp, maka pengguna akan mulai dibatasi fitur yang bisa digunakan.

Hal pertama yang akan diterima nasib yang tolak kebijakan baru WhatsApp, pengguna kehilangan akses daftar chat yang tersedia di layanan. Walaupun masih bisa mendapat menjawab panggilan suara dan video yang masuk.

Jika telah mengaktifkan notifikasi, pengguna dapat mengetuk notifikasi untuk membaca atau menjawab pesan, atau menelpon balik panggilan suara dan video yang tak terjawab.

"Setelah Anda mengalami fungsionalitas yang terbatas selama beberapa minggu, Anda tidak akan dapat menerima panggilan masuk atau notifikasi. WhatsApp akan berhenti menyampaikan pesan dan panggilan ke telepon Anda," ujar WhatsApp.

WhatsApp mengatakan sebagian besar pengguna yang telah menerima peringatan tentang kebijakan baru WhatsApp telah menerima persyaratan layanan atau terms of service tersebut.

Meskipun pengguna yang tidak menerima update ini juga tidak akan kehilangan akunnya. Tapi WhatsApp memperingatkan bahwa mereka memiliki aturan terpisah tentang pengguna yang tidak aktif, dan akun yang tidak aktif selama 120 hari akan dihapus.



Simak Video "Saran WhatsApp Bagi Pengguna yang Menolak Kebijakan Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/vmp)