Instagram Rilis Fitur Baru, Saring DM yang Melecehkan

Instagram Rilis Fitur Baru, Saring DM yang Melecehkan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 22 Apr 2021 16:15 WIB
LONDON, ENGLAND  AUGUST 03 The Instagram app logo is displayed on an iPhone on August 3, 2016 in London, England.  Photo by Carl CourtGetty Images
Instagram Rilis Fitur Baru untuk Saring DM yang Melecehkan Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Instagram mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menyaring permintaan pesan atau direct messages (DM) yang masuk jika berisi kata-kata, kalimat atau emoji yang menyinggung. Fitur ini ditargetkan untuk selebriti dan publik figur yang sering menerima DM yang tidak diinginkan.

Filter permintaan pesan ini dapat diaktifkan lewat bagian baru di aplikasi Instagram bernama 'hidden words'. Untuk mengaktifkan filter ini, kalian bisa membuka menu Settings, kemudian Privacy dan Hidden Words lalu tap toggle yang tersedia.

Setelah diaktifkan, filter ini akan menyaring pesan yang sifatnya cyberbullying yang diterima pengguna dan dipindahkan ke folder terpisah. DM dalam folder ini akan disembunyikan, jadi pengguna bisa melihat-lihat pesan yang masuk tanpa membaca isinya.

Jika pengguna membuka salah satu pesan yang sudah disaring dan masuk ke dalam folder terpisah itu, mereka bisa membaca isinya, menghapus, atau melaporkan pesannya, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (22/4/2021).

Fitur baru Instagram untuk cegah DM bullyingFitur baru Instagram untuk cegah DM bullying Foto: Dok. Instagram

Aplikasi milik Facebook ini mengatakan mereka telah bekerjasama dengan organisasi anti-diskriminasi dan anti-bullying ternama untuk menentukan kata dan kalimat yang dinilai menyinggung. Pengguna juga bisa memasukkan kata, kalimat dan emoji pilihannya sendiri ke dalam daftar tersebut.

Instagram mengatakan fitur baru ini akan digulirkan ke beberapa negara dalam beberapa minggu ke depan, tapi mereka tidak menyebutkan negara apa saja yang dimaksud. Dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini akan diluncurkan ke lebih banyak negara.

Selain filter untuk menyaring DM, Instagram juga menggulirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memblokir orang yang telah melecehkan atau menyinggung mereka, bahkan jika orang tersebut membuat akun baru.

Fitur baru Instagram untuk cegah DM bullyingFitur baru Instagram untuk cegah DM bullying Foto: Dok. Instagram

Jadi ketika pengguna memblokir seseorang di Instagram, mereka akan memiliki opsi untuk memblokir akun baru yang dibuat orang tersebut.

Instagram tidak menyebutkan secara spesifik cara kerja fitur ini, dan hanya mengatakan mereka menggunakan beragam sinyal untuk mendeteksi akun baru dari pengguna yang sama. Fitur ini akan digulirkan secara global dalam beberapa minggu ke depan.

Update baru ini melengkapi sederet langkah Instagram yang ditujukan untuk mencegah cyberbullying dan ujaran kebencian di platform-nya. Pada bulan Februari, Instagram mengatakan akan memblokir akun yang beberapa kali mengirimkan pesan yang melecehkan.



Simak Video "Instagram Suguhkan Fitur Guide yang Mirip Blog"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)