Rencana Facebook Bikin Instagram Anak-anak Diprotes

Rencana Facebook Bikin Instagram Anak-anak Diprotes

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 16 Apr 2021 20:20 WIB
Istanbul, Turkey - December 15, 2018: Person holding a brand new Apple iPhone X with Instagram profile on the screen. Instagram is an online mobile social networking service, launched in October 2010.
Foto: iStock
Jakarta -

Facebook bulan lalu mengumumkan rencana membuat Instagram untuk anak. Namun, rencana ini menuai protes.

Sebelumnya, Facebook pada bulan lalu mengungkapkan rencana untuk membuat Instagram for Children. Anak di bawah 13 tahun bisa punya akun, namun dikendalikan orang tua.

Meski begitu, rencana ini tetap diprotes seperti diberitakan News.com Australia, Jumat (16/4/2021). Adalah Campaign for a Commercial-free Childhood yang menyurati CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Platform foto menurut mereka berbahaya untuk kesehatan dan privasi anak-anak. Saat ini pun sebenarnya banyak anak-anak memalsukan umur demi memiliki akun Instagram.

"Versi terbaru Instagram tidak aman untuk anak-anak di bawah 13 tahun dan sesuatu harus dilakukan untuk melindungi jutaan anak-anak yang berbohong soal umur mereka untuk membuat akun Instagram," tulis kelompok ini.

Kelompok ini khawatir Instagram akan mengeksploitasi masa penting pertumbuhan anak. Hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kompetensi sosial, berpikir abstrak dan pengenalan diri di masa sekolah.

"Meluncurkan Instagram versi anak di bawah 13 tahun bukan solusi tepat dan membuat pengguna muda dalam risiko besar," kata mereka.

Instagram menurut mereka mengeksploitasi ketakutan ketinggalan tren (FOMO) dan kebutuhan rasa pengakuan diri. Ini membuat anak-anak selalu membuka gadget dan berbagi foto apapun ke follower mereka.

"Instagram selalu fokus pada penampilan, tampilan diri dan branding, yang itu adalah tantangan terhadap privasi dan kesejahteraan remaja," pungkas mereka.

Facebook selama ini pun masih dalam sorotan karena belum punya solusi bagi anak-anak di bawah 13 tahun yang membuat akun Instagram dengan memalsukan umur.



Simak Video "Instagram Siapkan Fitur Baru untuk Influencer, Seperti Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)