Instagram Lite Resmi Hadir di Indonesia, Ukurannya Cuma 2MB

Instagram Lite Resmi Hadir di Indonesia, Ukurannya Cuma 2MB

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 20 Apr 2021 13:20 WIB
Instagram Lite
Instagram Lite Resmi Hadir di Indonesia, Ukurannya Hanya 2MB Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Setelah dirilis kembali pada bulan Maret lalu, Instagram Lite akhirnya resmi hadir di Indonesia. Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan versi regulernya.

Dalam keterangan resmi diterima detikINET, Selasa (20/4/2021) Instagram Lite tersedia khusus untuk pengguna Android dan bisa diunduh di Google Play Store. Ukuran aplikasinya hanya 2MB, jauh lebih kecil dibandingkan Instagram reguler yang sebesar 35MB.

Selain itu, Instagram Lite juga lebih hemat kuota internet dan dirancang untuk menampilkan konten dengan cepat, terlepas dari perangkat yang digunakan dan kualitas jaringan internet di lokasi pengguna.

Ukuran Instagram Lite yang lebih kecil berarti ada beberapa fitur yang harus dikorbankan. Dari pantauan detikINET, Instagram Lite masih bisa digunakan untuk mengunggah postingan ke Feed utama atau Stories seperti biasa.

Bedanya, postingan yang diunggah di Stories tidak bisa ditambahi dengan fitur seperti GIF, polling, kuis, tanya jawab, hitung mundur, dan beberapa fitur Stories lainnya yang populer.

Pengguna Instagram Lite masih bisa menggunakan fitur Stories lainnya seperti tag lokasi, mention dan tagar. Fitur lainnya seperti stiker dan filter juga masih bisa digunakan tapi jumlahnya terbatas.

Instagram Lite juga kehilangan beberapa fitur utama yang ada di Instagram reguler seperti IGTV, Instagram Live dan Shop. Pengguna Instagram Lite mungkin tidak bisa mengunggah konten IGTV, tapi mereka tetap bisa menonton konten IGTV pengguna lain yang lewat di feed.

Karena kehilangan fitur Shop, layout aplikasi Instagram Lite juga berbeda karena tab itu kini diisi oleh fitur Activity. Selain itu, tab Explore juga tidak memiliki kategori seperti aplikasi Instagram reguler.

Selain menghadirkan Instagram Lite di Indonesia, Instagram juga meluncurkan kampanye #MonthofGood untuk meramaikan bulan Ramadhan. Kampanye ini menghadirkan tiga stiker bertema Ramadan karya desainer asal Bahrain @haluulie, dan program Instagram Live bertajuk #NgabuburitdiInstagram.

"Dengan kehadiran Instagram Lite dan kampanye #MonthofGood, kami ingin Instagram menjadi tempat bagi para pengguna menjadi pribadi yang lebih kreatif dan ekspresif untuk terus berbagi kebaikan dengan orang-orang tercinta yang terhubung secara virtual," kata Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian.



Simak Video "Instagram Lite Resmi Meluncur, Ini Bedanya dari Versi Biasa!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)