Microsoft Tutup Asisten Virtual Cortana di Android dan iOS

Microsoft Tutup Asisten Virtual Cortana di Android dan iOS

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 03 Apr 2021 19:18 WIB
cortana
Foto: internet
Jakarta -

Kalah bersaing dengan Google Assistant dan Siri milik Apple, Microsoft resmi menutup asisten virtual Cortana.

Per 31 Maret 2021 menjadi nafas terakhir Cortana untuk di Android dan iOS, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (2/4/2021).

Sebetulnya, Microsoft telah mengumumkan tanggal kematian Cortana sejak tahun lalu. Awalnya, Cortana akan diakhiri pada Juli 2020, hanya saja hal itu urung dilakukan oleh perusahaan yang didirikan Bill Gates ini.

Meski telah menutup Cortana di perangkat Android dan iOS, Microsoft masih membiarkan asisten virtualnya itu tetap berfungsi di perangkat berbasis Windows 10.

Dengan penutupan ini, Microsoft tampaknya mengubah asisten virtual Cortana menjadi pendukung untuk aplikasi Microsoft 356 yang ditunjang Artificial Intellegence (AI) alias kecerdasan buatan.

Sebelumnya, setelah mempermak browser web Microsoft Edge, Microsoft mengumumkan penambahan sederet fitur baru di aplikasi email Outlook. Di antara fitur baru yang dihadirkan, Microsoft Outlook kini punya asisten suara.

Microsoft menyebutkan berbagai fitur baru yang ditaburkannya ke Outlook tak sekadar menyederhanakan navigasi dalam menggunakan layanan tersebut, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Keputusan Microsoft untuk menghadirkan asisten virtual Cortana ke Outlook memang terdengar paling menarik. Apalagi mengingat Microsoft sebenarnya sedang secara bertahap mematikan asisten virtualnya tersebut sejak setahun lalu.

Tapi dengan keberadaan Cortana di Outlook, pengguna tak hanya dapat mencari email, kontak, atau entri kalender, mereka juga bisa meminta Cortana membacakan email ketika pengguna sibuk.



Simak Video "Internet Explorer Tak Lagi Hadir di Windows 11"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)