Riset: Android Lebih Banyak Bagi Data Pengguna Dibandingkan iOS

Riset: Android Lebih Banyak Bagi Data Pengguna Dibandingkan iOS

Josina - detikInet
Kamis, 01 Apr 2021 18:45 WIB
Google punya caranya tersendiri untuk memerangi ISIS, yaitu dengan iklan. Raksasa mesin pencari itu akan menampilkan iklan anti ISIS ketika ada penggunanya yang googling soal ISIS ataupun gerakan-gerakan Islam radikal lainnya.
Foto: Gettyimages
Jakarta -

Perusahaan seperti Google dan Facebook sebagian layanannya gratis, sebab itu untuk tetap mendapatkan uang sebagai gantinya mereka mengumpulkan data pengguna lalu dijual kepada pengiklan yang membuat iklan dipersonalisasi dan ditargetkan.

Maka tak heran jika ada sebuah studi yang mengungkapkan di mana Android lebih banyak berbagi data dibandingkan dengan iOS.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, Kamis (1/4/2021) sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Doug Leith, seorang profesor ilmu komputer di Trinity College yang juga menjabat sebagai ketua perguruan tinggi di sistem komputer. Ia menemukan bahwa Android berbagi sekitar 20 kali lebih banyak data dengan Google daripada iOS dengan Apple.

Berdasarkan temuannya diperkirakan pada saat startup, perangkat Android mengirimkan sekitar 1MB data ke Google, sedangkan perangkat iOS mengirimkan 42KB ke Apple.

Diperkirakan juga bahwa setelah 12 jam, Android secara kolektif mengumpulkan 1,3TB data versus iOS yang mengumpulkan sekitar 5,8GB.

Menanggapi hasil temuannya pun Google kurang berkenan akan penelitian tersebut. Mereka tidak setuju dengan klaim makalah bahwa perangkat Android berbagi data 20 kali lebih banyak daripada iPhone.

"Kami mengidentifikasi kelemahan dalam metodologi peneliti untuk mengukur volume data dan tidak setuju dengan klaim makalah bahwa perangkat Android berbagi data 20 kali lebih banyak daripada iPhone," kata juru bicara Google.

"Menurut penelitian kami, temuan ini tidak sesuai urutan besarnya, dan kami membagikan masalah metodologi kami dengan peneliti sebelum dipublikasikan," lanjutnya.



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)