Aplikasi Android Anda Hari Ini Eror? Coba Cara Ini

Aplikasi Android Anda Hari Ini Eror? Coba Cara Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 23 Mar 2021 22:11 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Aplikasi Android Mendadak Crash? Ini Solusinya (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
Jakarta -

Sejumlah pengguna Android melaporkan beberapa aplikasi di ponselnya mendadak crash dan tidak bisa digunakan. Untungnya ada solusi yang cukup mudah.

Beberapa aplikasi yang dilaporkan tidak bisa dibuka antara lain Gmail, Google, Yahoo Mail dan lain-lain. Isu ini dimulai dari Android yang terus mengeluarkan peringatan bahwa aplikasi 'terus tertutup'.

Aplikasi yang sedang tidak dibuka pun ikut terdampak. Google sudah mengetahui penyebab crash ini karena masalah pada Android System WebView dan mereka sedang berusaha untuk menyelesaikannya.

"Kami mengetahui adanya masalah dengan WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android crash," kata juru bicara Google seperti dikutip dari Android Authority, Selasa (23/3/2021).

"Kami sedang berupaya untuk sepenuhnya memvalidasi cakupan dan perbaikan sedang berlangsung," imbuhnya.

Bug ini sepertinya mempengaruhi semua aplikasi Android yang menggunakan komponen sistem WebView. Google rupanya mengeluarkan update yang tidak sesuai untuk WebView sehingga membuat aplikasi Android crash.

Beberapa pengguna Android menemukan solusi masalah ini dengan menghapus update terbaru WebView atau uninstal WebView dari ponsel. Akun Twitter Samsung Amerika Serikat juga merekomendasikan cara ini.

Untuk menghapus update ini buka Google Play Store lalu masuk ke My Apps & games. Di tab Installed, cari aplikasi Android System WebView.

Setelah itu klik Uninstall dan konfirmasi kembali dengan klik Uninstall. Restart perangkat Android kalian untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Jika cara di atas tidak berhasil, masuk ke aplikasi Settings di ponsel Android, lalu pilih Apps & notifications. Cari aplikasi Android System WebView lalu klik menu titik tiga yang ada di sudut kanan atas. Klik Uninstall updates lalu klik OK.

Jangan lupa instal kembali versi terbaru WebView jika Google sudah memperbaiki masalahnya. Ini adalah komponen penting yang memungkinkan aplikasi menampilkan halaman web.

Sementara itu, Google juga sudah mengetahui masalah pada Gmail di Android. Anak perusahaan Alphabet itu menyarankan pengguna untuk mengakses Gmail lewat desktop.



Simak Video "Clubhouse Siap Meluncur untuk Pengguna Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)