Live Captions Kini Tersedia di Browser Chrome

Live Captions Kini Tersedia di Browser Chrome

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 19 Mar 2021 16:30 WIB
google chrome
(Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET)
Jakarta -

Google membawa fitur Live Caption dari ponsel Pixel ke ke browser Chrome, yang membuat Chrome bisa mentranskrip video ataupun video secara langsung.

Fitur Live Captions ini dibuat untuk pengguna yang mengalami gangguan pendengaran dan tuli. Jadi mereka tetap bisa menikmati video dan video meski tak bisa mendengarkan.

Saat fitur ini dinyalakan, Live Captions akan mentranskrip suara yang ada menjadi teks dan ditampilkan dalam sebuah kotak kecil di bawah layar. Posisi kotak ini bisa dipindah-pindah, dan hanya muncul saat Chrome mendeteksi adanya suara yang muncul dari laman yang sedang dibuka.

Perlu diingat, hasil transkrip yang ditampilkan tentunya akan sedikit tertunda, atau malah untuk percakapan yang terlalu cepat, mungkin akan ada kesalahan transkrip, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (19/3/2021).

Hasil transkrip ini juga tetap akan muncul meskipun pengguna mematikan suara dari perangkatnya ataupun menurunkan volumenya. Fitur yang pertama muncul di Pixel pada 2019 ini bakal berguna untuk menikmati video ataupun podcast tanpa perlu mendengarkan suaranya, mungkin saat tak membawa earphone dan berada di tempat yang tidak boleh berisik seperti perpustakaan.

Live Captions sejauh ini berfungsi di video dari YouTube, Twitch, player podcast, atau bahkan layanan streaming seperti SoundCloud. Sejauh ini baru bahasa inggris yang didukung oleh fitur ini.

Fiturnya sendiri bisa diaktifkan di Chrome versi terbaru pada pilihan Settings - Advanced - Accessibility. Saat dinyalakan Chrome akan mengunduh file tambahan untuk pengenalan suara.

Live Captions pertama diperkenalkan di Android Q Beta pada 2019, namun sampai sekarang fiturnya hanya tersedia secara eksklusif di ponsel Pixel dan beberapa ponsel Samsung. Namun setelah tersedia di Chrome, diharapkan ketersediaannya akan lebih luas lagi.



Simak Video "Kini Gmail Bisa Digunakan untuk Telepon dan Video Call"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)