Backup Chat WhatsApp di Cloud Akan Dilindungi Password

Backup Chat WhatsApp di Cloud Akan Dilindungi Password

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 09 Mar 2021 11:44 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Backup Chat WhatsApp di Cloud Akan Dilindungi Password (Foto: dok. Rawpixel)
Jakarta -

Di tengah kontroversi kebijakan privasi terbarunya, WhatsApp terus mengembangkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan penggunanya. Aplikasi messaging itu dilaporkan sedang mengembangkan fitur yang bisa melindungi backup percakapan di cloud menggunakan password.

Dengan fitur ini, percakapan pengguna yang dicadangkan di cloud akan terlindungi oleh enkripsi dan hanya akan bisa diakses oleh pengguna menggunakan password.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo yang sering membocorkan fitur-fitur terbaru WhatsApp. WABetaInfo sebenarnya telah melaporkan keberadaan fitur ini sejak tahun lalu, tapi kali ini cara kerjanya terungkap dengan lebih jelas.

Dari screenshot yang dibagikan di Twitter, fitur ini akan bisa digunakan di WhatsApp untuk Android dan iOS. Artinya perlindungan fitur ini akan melindungi percakapan yang disimpan di Google Cloud dan iCloud.

"Untuk mencegah akses tidak berizin ke backup iCloud Drive Anda, Anda bisa mengatur password yang akan digunakan untuk mengenkripsi backup ke depannya. Password akan dibutuhkan ketika Anda memulihkan backup," tulis salah satu screenshot, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (9/3/2021).

WhatsApp kemudian meminta pengguna untuk memasukkan nomor telepon yang digunakan dan memasukkan password dengan panjang minimal delapan karakter. WhatsApp juga mengingatkan pengguna bahwa mereka tidak bisa membantu memulihkan password jika pengguna lupa.

Meski percakapan di WhatsApp telah dilindungi dengan enkripsi end-to-end, perlindungan ini tidak mencakup data yang telah dicadangkan di Google Drive atau iCloud.

Begitu data di-backup dan masuk ke server cloud, keamanannya menjadi tanggung jawab penyedia layanan cloud. Penegak hukum pun bisa mengakses data WhatsApp yang telah disimpan di cloud jika memiliki surat izin untuk menggeledah.

Dengan menambahkan enkripsi di backup menggunakan password yang hanya diketahui pengguna berarti secara teori akan mencegah orang lain untuk mengakses riwayat percakapan WhatsApp kalian tanpa izin.

Selain perlindungan untuk backup di cloud, WABetaInfo juga melaporkan backup lokal di Android akan kompatibel dengan update baru ini. Artinya pengguna bisa menggunakan password untuk melindungi backup yang disimpan secara lokal di ponsel Android.



Simak Video "WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi: Hapus Chat dalam 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)