iPhone Ini Bakal Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

iPhone Ini Bakal Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 09 Mar 2021 07:20 WIB
Ilustrasi WhatsApp
iPhone Ini Bakal Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp selalu menghentikan dukungan untuk ponsel lawas setiap tahunnya dan menyarankan pengguna pindah ke sistem operasi baru agar aplikasi tetap bisa digunakan dengan lancar. Kali ini giliran satu iPhone lawas yang tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp versi terbaru.

WABetaInfo melaporkan WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk iPhone yang menjalankan iOS 9. Sumber WABetaInfo mengatakan perangkat iOS 9 yang menjalankan WhatsApp versi beta 2.21.50 tidak akan bisa menjalankan aplikasi messaging itu, seperti dikutip dari BGR, Selasa (9/3/2021).

Saat ini halaman FAQ WhatsApp belum diperbarui karena versi tersebut belum digulirkan secara publik. Seperti diketahui, saat ini iPhone yang bisa menggunakan WhatsApp adalah yang menjalankan iOS 9 ke atas.

Artinya, setelah update berikutnya dirilis secara publik WhatsApp akan menghentikan dukungannya di perangkat iPhone yang masih menjalankan iOS 9. Belum diketahui kapan update ini akan diluncurkan dan dukungan untuk iOS 9 dicabut.

Jika dukungan untuk iOS 9 sudah dihentikan, dukungan WhatsApp untuk sistem operasi Android yang setara juga akan ikut dicabut. Tapi WABetaInfo tidak mengungkap Android versi mana yang turut tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi.

Untuk pengguna iOS 9 yang masih ingin menggunakan WhatsApp, cara paling mudah adalah dengan memperbarui sistem operasi kalian. Memiliki iPhone keluaran baru bukan berarti kalian sudah pasti aman, jadi sebaiknya cek iOS versi berapa yang kalian gunakan.

Untuk mengetahui versi iOS yang kalian gunakan masuk ke aplikasi Settings di iPhone, klik General lalu klik About. Di bagian Software Version kalian bisa melihat versi iOS yang digunakan.

Jika iPhone kalian menjalankan iOS dengan versi yang lebih rendah dari iOS 9, kalian harus memperbaruinya agar WhatsApp tetap bisa digunakan tanpa masalah.

Untuk memperbarui iOS, pertama buka aplikasi Settings di iPhone, lalu klik General, dan klik Software Update. Jika update sistem operasi tersedia, ikuti langkah selanjutnya untuk mengunduhnya.

Lalu iPhone mana saja yang saat ini masih menggunakan iOS 9? Beberapa di antaranya adalah iPhone 4 dan iPhone 4s. Sayangnya kedua iPhone ini memang tidak kebagian update iOS 10 dan tidak bisa lagi dipakai untuk menggunakan WhatsApp.

Kalau sudah begini, kalian tidak punya pilihan lain selain membeli iPhone atau ponsel Android baru agar tetap bisa menggunakan WhatsApp. Pastikan semua data kalian di ponsel lama sudah dicadangkan sebelum memindahkan WhatsApp ke ponsel baru.



Simak Video "Maksimalkan WhatsApp Lewat 10 Fitur Rahasia Berikut"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)