AirTags Apple Bakal Punya Fitur Anti Stalker

AirTags Apple Bakal Punya Fitur Anti Stalker

Josina - detikInet
Senin, 08 Mar 2021 21:12 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
(Foto: Jason Lee/Reuters)
Jakarta -

Apple dikabarkan akan meluncurkan aksesori AirTags pada bulan ini. AirTags sendiri adalah aksesori pelacakan yang mirip dengan Tile yang menggunakan Ultra Wideband (UWB) agar lebih akurat saat menentukan sebuah lokasi.

UWB sendiri adalah koneksi nirkabel yang menggunakan gelombang radio, sama seperti Bluetooth dan Wi-Fi.

Tapi berbeda dengan dua jenis koneksi tersebut, UWB beroperasi di frekuensi yang sangat tinggi (bandwidth 500 MHz) dan bisa digunakan untuk menangkap data spasial dan terarah yang sangat akurat. Jarak yang bisa dijangkau UWB juga lebih luas dibandingkan Bluetooth dan Wi-Fi.

Namun demikian hal tersebut rupanya menimbulkan beberapa pertanyaan terkait privasi pengguna seperti misal kemungkinan ada seseorang sengaja memasukkan aksesori AirTags ke dalam tas lalu melacak keberadaan seseorang.

Apple pun memikirkan kemungkinan tersebut, karena iOS 14 terbaru pengembang iOS Benjamin Mayo menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Apple akan menyertakan fitur yang mencegah penyalahgunaan aksesori tersebut seperti dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Senin (8/3/2021).

Fitur yang disertakan Apple ditemukan di pengaturan keamanan di App Find My di mana jika fitur ini diaktifkan maka akan memberi tahu tentang keberadaan aksesori. Namun perlu diperhatikan bahwa fitur keamanan ini diaktifkan secara default.

Dan ini berarti bahwa kecuali pengguna sengaja menonaktifkannya, pengguna harus diberi peringatan setiap kali ini terjadi.

Fitur baru AirTags Apple ini terdengar cukup berguna untuk dimiliki, meskipun AirTags belum diluncurkan jadi belum tahu pasti bagaimana tepatnya aksesori ini akan bekerja dan fitur seperti apa yang dimilikinya.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)