Makin Ramai, Instagram Ikut Bikin Pesaing Clubhouse

Makin Ramai, Instagram Ikut Bikin Pesaing Clubhouse

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 07 Mar 2021 18:37 WIB
Istanbul, Turkey - December 15, 2018: Person holding a brand new Apple iPhone X with Instagram profile on the screen. Instagram is an online mobile social networking service, launched in October 2010.
Makin Ramai, Instagram Ikut Bikin Pesaing Clubhouse Foto: iStock
Jakarta -

Popularitas Clubhouse yang terus meroket membuat banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba mengembangkan tiruannya. Seperti Instagram yang baru-baru ini terungkap mengembangkan fitur 'audio rooms'.

Keberadaan fitur ini pertama kali ditemukan oleh developer Alessandro Paluzzi. Sepertinya fitur ini akan menjadi bagian dari Instagram dan tidak akan menjadi aplikasi terpisah, seperti dikutip dari MSPowerUser, Minggu (7/3/2021).

Dari screenshot yang diunggah Paluzzi di akun Twitter-nya, audio rooms ini bisa diakses lewat menu Chats di aplikasi Instagram. Jika sebelumnya hanya ada dua tombol untuk mengirim pesan baru dan membuat panggilan video, kini ada tombol ketiga dengan ikon mikrofon.

Paluzzi tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang cara kerja fitur ini. Tapi hal ini tidak mengejutkan mengingat beberapa waktu yang lalu Facebook dikabarkan berniat mengembangkan layanan serupa Clubhouse.

Instagram sendiri baru-baru ini meluncurkan fitur Live Rooms secara global. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram untuk live bersama tiga orang lainnya.

Aplikasi berbagi foto ini juga memiliki fitur Rooms yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan partisipan hingga 50 orang. Fitur ini juga terintegrasi dengan Messenger dan pengguna yang tidak memiliki akun Instagram atau Messenger tetap bisa bergabung.

Selain itu, Paluzzi juga mengungkap Instagram sedang menyiapkan sistem enkripsi end-to-end untuk pesan yang dikirim lewat chat. Fitur ini tentu bisa membuat pengguna yang sadar privasi merasa lebih aman karena percakapan mereka tidak bisa diintip siapapun.

Instagram bukan satu-satunya platform media sosial yang ikut mengembangkan pesain Clubhouse. Belum lama ini, Twitter merilis fitur audio chat bernama Spaces dalam versi beta untuk pengguna Android dan iOS.

Perusahaan induk TikTok, ByteDance, juga mengembangkan aplikasi mirip Clubhouse. Selain itu, Xiaomi juga membangkitkan kembali aplikasi Mi Talk menjadi aplikasi audio chat khusus untuk kaum profesional.



Simak Video "Facebook hingga Instagram Sempat Down, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)