7 Aplikasi Online Dating untuk Muslim, Ikhtiar Cari Jodoh

Kencan Digital

7 Aplikasi Online Dating untuk Muslim, Ikhtiar Cari Jodoh

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 13 Feb 2021 17:05 WIB
Ilustrasi Smartphone
Aplikasi online dating muslim. Foto: Hamaya
Jakarta -

Masalah jodoh, memang sudah ditentukan oleh Allah SWT semenjak manusia diciptakan. Tapi jodoh tidak turun dengan sendirinya dari langit, kita perlu berikhtiar.

Selain lewat taaruf, dapat pula menggunakan aplikasi online dating atau kencan yang dikhususkan untuk umat muslim. Sehingga dapat menjalin hubungan yang lebih serius menuju jenjang pernikahan.

DetikINET, Sabtu (13/2/2021) mengumpulkan 7 aplikasi online dating untuk muslim yang bisa digunakan. Apa saja?

1. Salams

SalamsSalams dulunya bernama Minder. Foto: Salams

Dulunya aplikasi bernama Minder, kini resmi menyandang nama Salams. Seiring perubahan namanya, tampilan aplikasinya pun membawa penyegaran.

Pun begitu soal layanannya masih sama mempertemukan pengguna dengan calon jodohnya. Kini sudah ada 2 pengguna yang menggunakan Salams, dan 10 ribu pasangan yang bertemu lewat aplikasi ini sudah berhasil ke jenjang pernikahan.

Privasi menjadi salah satu yang dikedepankan Salams. Selain berkomitmen tidak menjual data pengguna, mereka melengkapi banyak fitur keamanan untuk penggunanya.

Salams hanya menampilkan nama depan, dan gambar serta informasi profil yang pengguna berikan. Kamu dapat memblokir pengguna mana pun agar tidak melihat atau mengobrol dengan kapan saja. Semua profil diverifikasi oleh selfie dan lokasi GPS.

Salams tersedia di iOS dan Android.


2. Taaruf ID

Taaruf IDTaaruf ID Foto: Taaruf ID

Taaruf ID adalah aplikasi buatan anak negeri. Aplikasi ini menawarkan layanan mencari jodoh yang sudah siap menikah dan posisinya tidak jauh dari posisi pengguna.

Selain GPS, Taaruf ID memanfaatkan algoritma khusus untuk menampilkan peserta yang siap nikah di dashboard aplikasi dan diurutkan berdasarkan lokasi terdekat. Sehingga mempermudah pengguna dalam proses mencari jodoh.

Taaruf ID saat ini hanya tersedia di Android.


3. Muzmatch

MuzmatchMuzmatch Foto: Muzmatch

Selain Salams, Muzmatch menjadi salah satu aplikasi online dating khusus muslim yang paling populer saat ini.

Lebih dari 4 juta muslim lajang menemukan pasangan mereka lewat Muzmatch. Sudah 100 pasangan yang sudah melangkah ke jenjang pernikahan.

Banyak fitur menarik yang dimiliki aplikasi ini sehingga membuat pencarian jodoh lebih halal dan menyenangkan. Salah satunya fitur yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan wali atau pendamping saat melakukan obrolan.

Muzmatch dapat diunduh di iOS dan Android.

4. Hawaya

HawayaHawaya Foto: Hawaya

Hawaya berasal dari Mesir, tapi bisa digunakan di seluruh negara. Aplikasi ini begitu mengedepankan privasi dan keamanan pengguna.

Mereka mengombinasikan AI dan moderasi agar mencegah penggunaan profil palsu.
Tak hanya itu disediakan opsi "Blur My Photos" agar foto hanya dapat dilihat oleh orang yang terhubung saja.

Ada pula fitur Mode Penjaga yang dapat mengundang teman atau anggota keluarga terpercaya ke dalam obrolan untuk mendapatkan masukan dan saran.

Hawaya bisa diunduh di iOS dan Android.

Halaman selanjutnya: Veil sampai Muzishq...