Aplikasi Ini Gabungkan Signal, WhatsApp dkk

Aplikasi Ini Gabungkan Signal, WhatsApp dkk

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 24 Jan 2021 09:09 WIB
Beeper, aplikasi chat universal yang gabungkan 15 platform chat sekaligus
Aplikasi Ini Gabungkan Signal, WhatsApp dkk Dalam Satu Atap Foto: Beeper
Jakarta -

CEO dan pendiri pionir smartwatch Pebble, Eric Migicovsky mengembangkan aplikasi chat universal bernama Beeper yang bisa menggabungkan 15 platform chat sekaligus.

Hanya dalam satu aplikasi, pengguna bisa mengakses belasan aplikasi messaging populer seperti WhatsApp, Signal, Telegram, Instagram Direct, Facebook Messenger, Slack, Twitter, dan yang paling menarik iMessage, seperti dikutip dari Tech Crunch, Minggu (24/1/2021).

Migicovsky mengatakan ia awalnya memikirkan ide tentang aplikasi chat universal saat masih mengurus Peeble, sebelum diakuisisi oleh Fitbit. Tapi ia baru mendapatkan ide tentang Beeper saat mengenal protokol bernama Matrix.

"Semua bagian Beeper dibangun di atas Matrix, yang merupakan protokol messaging open-source, terenkripsi," kata Migicovsky.

Menurut Migicovsky, Matrix selama ini hanya dikenal di kalangan hacker, tapi mulai diadopsi oleh lebih banyak pengembang. Pada dasarnya, Matrix menawarkan API yang memungkinkan pengembang untuk terhubung dengan platform chat lainnya menggunakan 'jembatan' yang akan mengirimkan pesan secara bolak-balik.

Yang menarik, Migicovsky mengatakan platform iMessage yang selama ini eksklusif untuk produk Apple akan bisa diakses di Android, Windows dan Linux menggunakan aplikasi Beeper.

Tapi untuk mengakses iMessage di Beeper membutuhkan cara yang sedikit rumit. Dalam laman FAQ di situs Beeper dijelaskan bahwa pengguna yang memiliki Mac yang selalu aktif bisa menginstal aplikasi Beeper untuk Mac yang berguna sebagai jembatan.

Kalau tidak punya Mac, caranya jadi makin ribet lagi. Sampai-sampai Beeper rela mengirimkan iPhone 4S yang telah di-jailbreak dengan aplikasi Beeper di dalamnya agar berfungsi sebagai jembatan.

Aplikasi yang diinstal di iPhone akan membaca dan menulis file database di mana pesan iMessage pengguna disimpan. iPhone kemudian mengenkripsi pesan dengan kunci milik pengguna dan dikirim ke jaringan Beeper. Migicovsky mengatakan Beeper tidak akan membaca pesan pengguna.

Sayangnya, untuk menggunakan Beeper ini harus membayar biaya berlangganan USD 10 tiap bulannya. Tapi aplikasi yang dulunya bernama Nova ini menyediakan kode open-source untuk membangun jembatan penghubung buatannya di situs Gitlab.

Jadi jika pengguna jago coding dan tahu cara mengutak-atiknya, mereka bisa menjalankan jembatan tersebut di servernya sendiri, tanpa perlu membayar USD 10 tiap bulannya.

Berikut daftar lengkap 15 platform chat yang saat ini didukung Beeper:

- WhatsApp
- Facebook Messenger
- iMessage
- Android Messages
- Telegram
- Twitter
- Slack
- Hangouts
- Instagram
- Skype
- IRC
- Matrix
- Discord
- Signal
- Jaringan Beeper



Simak Video "Mengenal Pendiri Telegram dan Signal yang Kerap Menyerang WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)