YouTube Ujicoba Fitur Belanja Langsung Dalam Video

YouTube Ujicoba Fitur Belanja Langsung Dalam Video

Josina - detikInet
Jumat, 15 Jan 2021 14:48 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
(Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

YouTube dilaporkan sedang menguji cara yang efisien bagi pengguna untuk membeli produk yang ditampilkan atau digunakan dalam saluran video favorit mereka.

Dalam pengujian layanan ini pembuat konten yang terlibat dapat menyertakan produk-produk tertentu dalam video mereka.

Jika pengguna mengklik atau mengetuk ikon tas belanja yang terletak di kiri bawa layar, maka YouTube akan menampilkan daftar produk unggulan.

Pengguna nantinya dapat melhat lebih banyak informasi tentang produk tersebut, menonton video terkait atau membeli produk tersebut.

Dilansir detiKINET dari Engadget, Jumat (15/1/2021) sayangnya hanya pengguna YouTube di Amerika Serikat yang dapat melihat fitur ikon tas belanja tersebut.

Fitur ini nantinya akan bekerja dengan cara sesuai brand atau merek, misal di mana pembuat konten memasak yang menautkan ke aksesori dapur atau konten game yang menjajakan komponen dari video pembuatan PC atau kontan lainnya.

Pembuat konten ini nantinya dapat menjual barang dagangan mereka melalui media perbelanjaan di saluran mereka. Tak hanya itu, eksperimen terbaru ini juga merupakan cara pembuat konten dan YouTube untuk menghasilkan pendapatan.

Laporan telah beredar selama beberapa waktu bahwa YouTube telah mengeksplorasi fitur seperti ini. Sejumlah platform memasukkan lebih banyak fitur belanja, termasuk Instagram dan WhatsApp.

Jadi tak mengherankan jika Google melakukan hal yang sama di YouTube. Bagaimanapun, iklan Google Belanja mulai muncul di bawah video YouTube pada tahun 2015.



Simak Video "Pulih! Google Cs Pastikan Layanannya Bisa Diakses Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)