Syekh Ali Jaber, Ulama yang Dakwah dari YouTube sampai Telegram

Syekh Ali Jaber, Ulama yang Dakwah dari YouTube sampai Telegram

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 14 Jan 2021 14:45 WIB
Syekh Ali Jaber
Foto: Instagram
Jakarta -

Syekh Ali Jaber adalah salah satu ulama yang memanfaatkan platform media sosial (medsos) untuk menjalankan dakwah. Bahkan, akun medsos Syekh Ali Jaber sudah diikuti oleh jutaan followers.

Berdasarkan pantauan detikINET, ada empat platform digital yang dimanfaatkan Syekh Ali Jaber menyiarkan ajaran Islam, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. Semua platform tersebut sudah mendapatkan centang biru alias asli keabsahannya. Sedangkan, Telegram belum ada centang biru.

Akun Facebook Syekh Ali Jaber diikuti 616 ribu pengikut, Twitter 67,3 ribu followers, Instagram empat juta followers, YouTube 728 ribu followers, dan Telegram yang bergabung di channel-nya ada 2,2 ribu pengguna.

Menariknya, Syekh Ali Jaber bukan orang baru-baru ini terjun di dunia digital, di mana saat pandemi banyak yang beralih aktivitasnya menggunakan internet. Berdasarkan catatan digital postingan medsos miliknya, Syekh Ali Jaber sudah punya akun Facebook dan YouTube dibuat pada tahun 2013. Lalu, Instagram satu tahun berikutnya.

Di setiap akun medsos Syekh Ali Jaber terdengar dakwahnya yang menyejukkan sampai ditonton puluhan ribu untuk sekali postingan. Bahkan, ada seperti postingan di YouTube sampai mencapai 1,5 juta views.

[Gambas:Youtube]


Meski seorang pendakwah, Syekh Ali Jaber turut berkontribusi mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga diri di tengah pandemi COVID-19 dengan tetap menjunjung protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

[Gambas:Instagram]

Syekh Ali Jaber meninggal dunia pada pagi ini, tepatnya pada pukul 08.30 WIB di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta. Meski ia sempat terkena COVID-19, ia menghembuskan nafas terakhirnya dalam keadaan negatif Corona.



Simak Video "Karangan Bunga Banjiri Rumah Duka Syekh Ali Jaber"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)