WhatsApp Punya Kebijakan Privasi Baru, Ini 8 Poin Pentingnya - Halaman 2

WhatsApp Punya Kebijakan Privasi Baru, Ini 8 Poin Pentingnya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 10 Jan 2021 17:06 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Punya Kebijakan Privasi Baru, Ini 8 Poin Pentingnya Foto: dok. Rawpixel

5. Data yang akan disimpan WhatsApp

Kebijakan privasi baru WhatsApp mengatakan jika pengguna tidak menggunakan fitur terkait lokasi, mereka akan mengumpulkan data seperti alamat IP dan informasi lainnya seperti kode wilayah nomor telepon untuk memperkirakan lokasi umum pengguna.

Data pengguna akan disimpan di pusat data milik Facebook yang ada di seluruh dunia, termasuk yang ada di Amerika Serikat. Bagian ini tidak tercantum dalam kebijakan privasi sebelumnya.

6. Data masih utuh meski akun telah dihapus

Pengguna yang ingin menghapus akun WhatsApp harus berusaha ekstra keras jika ingin menghapus datanya juga. Karena saat menghapus akun dari aplikasi WhatsApp, data yang telah mereka simpan tidak otomatis akan terhapus.

"Ketika kalian menghapus akun, itu tidak akan mempengaruhi informasi terkait grup yang dibuat atau informasi pengguna lain yang terkait dengan kalian, seperti salinan dari pesan yang kalian kirim ke mereka," kata WhatsApp dalam aturan tersebut.

7. Hati-hati saat berinteraksi dengan akun bisnis

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, update kebijakan privasi ini fokus pada percakapan dengan akun bisnis. Dalam update ini, WhatsApp mengatakan saat pengguna mengirim pesan ke akun bisnis, konten tersebut bisa dilihat oleh beberapa orang di bisnis tersebut.

Artinya jika kalian bercakap-cakap dengan akun bisnis di WhatsApp, ada kemungkinan bisnis tersebut membagikan data pengguna dengan penyedia layanan pihak ketiga.

"Bisnis mungkin memberikan penyedia layanan pihak ketiga akses untuk komunikasinya untuk mengirim, menyimpan, membaca, mengelola, atau memprosesnya untuk bisnis," tulis kebijakan tersebut.


8. Hal-hal penting lainnya

Pengguna WhatsApp memiliki waktu hingga 8 Februari untuk menyetujui kebijakan baru ini. WhatsApp akan menampilkan notifikasi pop-up di aplikasi untuk memberitahu pengguna tentang perubahan ini, dan kalian bisa langsung menyetujui atau pilih opsi 'Not Now'.

Jika kalian tidak menyetujui kebijakan baru ini hingga tanggal yang ditetapkan, kalian tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp. Tapi akun kalian akan tetap aktif dan bisa digunakan lagi setelah menyetujui update ini di kemudian hari.

(vmp/rns)