3 Calon Fitur Baru WhatsApp: Video Muting, Read Later, Wallpaper

3 Calon Fitur Baru WhatsApp: Video Muting, Read Later, Wallpaper

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 19 Nov 2020 16:37 WIB
Ilustrasi WhatsApp
3 Calon Fitur Baru WhatsApp: Video Muting, Read Later, Wallpaper. Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Setelah memperkenalkan fitur Disappearing Messages (pesan menghilang otomatis) dan Storage Management (manajemen penyimpanan), WhatsApp kini sedang menguji fitur baru lainnya yang siap dirilis.

Ada tiga fitur baru yang sedang dalam tahap percobaan saat ini, yaitu Video Muting (membisukan video), Read Later (baca nanti), dan pilihan wallpaper yang lebih banyak.

whatsappFoto: WABetaInfo

Video Muting

Dikutip dari WABetaInfo, fitur baru ini berfungsi memungkinkan pengguna WhatsApp menonaktifkan suara di video sebelum mengirimkannya ke kontak yang dituju. Meski terdengar sepele, fungsi ini sangat bermanfaat agar si penerima pesan tidak kaget atau malu saat membuka pesan, terutama ketika mereka sedang berada di situasi seperti rapat atau di tempat umum.

whatsappFoto: WABetaInfo

Read Later

Fitur Read Later atau baca nanti merupakan perpanjangan dari Vacation Mode atau mode liburan yang beberapa waktu lalu sempat muncul dalam pengujian yang dilaporkan WABetaInfo, Kamis (19/11/2020).

Read Later berguna untuk memisahkan chat yang diarsipkan dari layar percakapan utama, dan menyimpannya di sana bahkan ketika pesan baru tiba. Pengguna juga tidak akan mendapatkan pemberitahuan saat ada pesan baru pada chat yang diarsipkan, dan tidak perlu membungkam (mute) chat ini. Selain itu, pengguna bisa mengatur perilaku apakah chat dengan pesan baru harus dipindahkan kembali ke daftar chat utama atau tidak.

whatsappFoto: WABetaInfo

Pilihan Wallpaper Baru

Nantinya, pengguna akan bisa mengatur wallpaper berbeda untuk setiap chat secara individual, dan mengedit opasitas wallpaper mereka. Ada 32 pilihan wallpaper seri bright baru, 29 wallpaper seri dark baru, ada juga wallpaper kustom, dan warna solid. Pengguna juga bisa menerapkan doodle WhatsApp pada opsi warna solid.

Perlu diingat, semua fitur ini masih dalam pengujian, baik di Android Beta atau di iOS Beta. Jika berkaca dari peluncuran fitur baru WhatsApp sebelumnya, perlu waktu lama hingga fitur tersebut memasuki tahap final dan dirilis untuk semua pengguna.



Simak Video "WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi: Hapus Chat dalam 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)