8 Fitur yang Bisa Dicontek WhatsApp dari Pesaingnya

8 Fitur yang Bisa Dicontek WhatsApp dari Pesaingnya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 10 Nov 2020 05:40 WIB
Telegram vs WhatsApp
8 Fitur yang Bisa Dicontek WhatsApp dari Pesaingnya (Foto: Internet)
Jakarta -

WhatsApp saat ini menjadi aplikasi messaging paling populer di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna. Sejak diluncurkan, aplikasi yang dimiliki Facebook ini terus meluncurkan fitur dan peningkatan untuk kenyamanan penggunanya.

Ada juga beberapa fitur menarik yang absen di WhatsApp tapi telah tersedia di beberapa aplikasi pesaingnya. Berikut 8 fitur yang bisa ditiru WhatsApp dari pesaingnya seperti dikutip detikINET dari Android Authority, Selasa (10/11/2020).

1. Masukkan beberapa nomor sekaligus (Telegram)

Salah satu kekurangan WhatsApp adalah pengguna tidak bisa mendaftarkan beberapa nomor sekaligus dalam satu aplikasi. Ini bisa diakali dengan menggunakan fitur dual apps yang ada di ponsel Samsung, Huawei dan Xiaomi, tapi agak kurang nyaman.

Telegram yang merupakan salah satu pesaing utama WhatsApp telah memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan tiga akun sekaligus dalam satu aplikasi. Jika diperkenalkan secara resmi di WhatsApp, fitur ini tentu akan membantu pengguna yang memiliki banyak nomor untuk urusan berbeda, misalnya nomor pribadi dan nomor bisnis.

Fitur yang bisa dicontek WhatsApp dari aplikasi lainFitur Note to Self di Signal Foto: Android Authority

2. Note to Self (Signal)

Signal memiliki fitur bernama Note to Self yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan ke dirinya sendiri untuk membuat catatan, menyimpan URL dan lain-lain.

Pengguna WhatsApp sebenarnya bisa meniru fitur ini dengan membuat grup dengan orang lain lalu menendang mereka agar kalian menjadi satu-satunya anggota. Tapi cara ini tentu lebih rumit dibandingkan dukungan langsung dari WhatsApp.

3. Polls (Telegram)

Salah satu fitur yang cukup minor tapi membantu di Telegram adalah Polls untuk grup dan channel. Fitur ini bisa digunakan untuk membuat kuis, jawaban pilihan ganda dan lain-lain.

Jika fitur seperti ini ada di WhatsApp, pengguna di grup tentu akan lebih mudah menentukan pilihan, misalnya ingin makan di di mana. Semoga saja fitur ini segera dikenalkan di WhatsApp.

4. Blur wajah (Signal)

Signal merupakan aplikasi messaging yang mengedepankan privasi dan bisa dilihat dari fitur blur wajah yang bisa menyembunyikan wajah sebelum mengirimkan foto. Fitur ini bisa diaktifkan dengan mengetuk ikon blur di samping ikon pena, lalu aktifkan toggle 'blur faces' dan gambar di mana saja untuk menyembunyikan wajah.

Fitur ini akan sangat berguna di WhatsApp karena memungkinkan pengguna untuk berbagi foto tanpa mengganggu privasi orang lain yang ada di foto tersebut.

Halaman selanjutnya: reaksi pesan sampai verifikasi kamera...