Pesan WhatsApp Sudah Bisa Terhapus Otomatis, Buruan Dicoba

Pesan WhatsApp Sudah Bisa Terhapus Otomatis, Buruan Dicoba

Tim - detikInet
Minggu, 15 Nov 2020 16:11 WIB
Pesan WhatsApp Terhapus Otomatis
Fitur Pesan Sementara di WhatsApp. Foto: WhatsApp
Jakarta -

Pesan yang dikirimkan via WhatsApp telah bisa dibuat hanya untuk sementara, untuk kemudian terhapus. Setelah beberapa waktu lalu resmi diumumkan, kini pengguna di Indonesia sudah bisa mencoba fitur Pesan Sementara WhatsApp.

Fitur bersangkutan telah diumumkan oleh WhatsApp pada awal November dan kini mulai bisa dinikmati oleh para pemakainya di seluruh dunia. Jadi setelah fitur Pesan Sementara diaktifkan, pesan baru yang dikirim ke chat yang sudah di-setting, akan hilang setelah tujuh hari, menjadikan percakapan terasa lebih ringan dan privat.

Kenapa tujuh hari? "Kami menilai jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar tidak lupa apa yang sedang dibicarakan," jawab WhatsApp.

Beberapa pengguna WhatsApp Android di Indonesia sudah mendapat fitur ini dalam update. Jika belum, tinggal menunggu waktu saja karena pasti diberikan pada semua pengguna. Fungsi Pesan Sementara dapat dipakai dalam chat antar pengguna atau individu dan juga di WhatsApp Group, namun di WhatsApp Group hanya admin yang dapat mengaktifkannya.

Menggunakan fitur baru WhatsApp yang cukup menarik ini tidaklah sulit. Untuk mengaktifkannya, pilih dan buka kontak chat yang diinginkan untuk memakai fitur ini. Lalu, bukalah info pribadi dari kontak bersangkutan.

Kemudian, geser ke bawah dan akan dijumpai tulisan Pesan Sementara dengan ikon jam di sebelahnya. Di bawahnya ada tulisan Mati lantaran belum diaktifkan. Maka, akses Pesan Sementara dan langsung akan ada penjelasan mengenai fitur ini.

Pesan Sementara WhatsAppPesan Sementara WhatsApp. Foto: istimewa

"Dengan menyalakan setelan ini, pesan baru akan hilang dari chat ini setelah 7 hari. Penerima masih dapat menyimpan pesan itu di luar chat," tulis keterangannya. Lalu jika ingin mengaktifkan, tekan tombol Nyala di bawahnya.

Jika sudah diaktifkan, pesan yang dilakukan dengan kontak bersangkutan akan lenyap secara permanen setelah satu pekan. Di ruang chat, akan muncul keterangan bahwa fitur telah diaktifkan. Keterangan yang sama juga akan ada di ruang chat penerima pesan.

Namun pesan masih dapat disimpan jika ingin, misalnya dengan screenshot. Jika auto download aktif di WhatsApp, maka foto dan video tetap masuk ke storage HP, hanya saja pesannya tetap akan hilang setelah seminggu.



Simak Video "WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi: Hapus Chat dalam 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)