Netflix Bikin Video Pendek Mirip TikTok?

Netflix Bikin Video Pendek Mirip TikTok?

Josina - detikInet
Senin, 16 Nov 2020 22:36 WIB
ILustrasi Netflix, ILustrasi Nonton, ILustrasi TV
Foto: Photo by Joanes Andueza on Unsplash
Jakarta -

Netflix dikabarkan sedang menguji fitur video yang dinamai 'Fast laughs'. Dengan fitur tersebut memungkinkan pengguna Netflix dapat membuat video klip berdurasi 15 hingga 45 detik.

Kontennya bisa diambil dari katalog Netflix dari film hingga acara-acara komedi. Saat pengguna menemukan sebuah kutipan dalam sebuah film mereka dapat menandai acara satu film berdurasi penuh untuk kontennya nanti.

"Kamu selalu mencari cara baru untuk meningkatkan pengalaman menggunakan Netflix. Banyak anggota kami menyukai komedi, jadi kami pikir ini akan menjadi cara baru yang menarik untuk membantu mereka menemukan acara baru dan menikmati adegan klasik," kata Netflix yang dilansir detikINET dari Business Insider, Senin (26/11/2020).

Langkah ini merupakan area baru untuk sebuah layanan streaming, yang umumnya hanya memberikan pengguna akses ke acara televisi dan film dengan durasi penuh.

Namun platform media sosial seperti TikTok telah menunjukkan kekuatan video bentuk pendek vertikal. Seperti diketahui banyak pengguna TikTok kerap membagikan cuplikan-cuplikan sebuah film, hal ini juga sebagai salah satu cara untuk merekomendasikan ke sesama pengguna untuk menonton film.

Menurut laporan Business Insider paltfom ini memiliki lebih dari 690 juta pengguna bulanan secara global. Dan raksasa media sosial lainnya seperti Instagram, Snapchat, Facebook, juga telah mengintegrasikan umpan video mereka sendiri.

Namun tidak seperti kebanyakan perusahaan medis sosial yang umumnya dijadikan sebuah target engagement untuk pendapatan dari iklan. Netflix memiliki tujuan berbeda untuk meluncurkan layanan ini yakni untuk membantu pengguna menemukan acara baru untuk ditonton.

Saat ini Fast Laughs hanya tersedia untuk beberapa pengguna dewasa, khususnya mereka yang tidak memiliki kontrol orangtua untuk menonton Netlflix daari perangkat iOS.

Fitur ini masih dalam pengujian tahap beta dan mungkin saja layanan ini tidak diluncurkan secara lebih luas.

"Kami bereksperimen dengan jenis pengujian ini di berbagai negara dan untuk periode waktu yang berbeda - dan hanya membuatnya tersedia secara luas jika orang menganggapnya berguna," kata Netflix.



Simak Video "Netflix Raih Pelanggan Baru, Namun Masih Kurang 'Menggigit'"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)