Ponsel Android Lama Tak Bisa Akses Website yang Aman

Ponsel Android Lama Tak Bisa Akses Website yang Aman

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 08 Nov 2020 17:31 WIB
Ilustrasi Android
Ponsel Android Lama Tak Bisa Akses Website yang Aman. Foto: Reuters
Jakarta -

Para pengguna ponsel Android lama harus memperbarui versi Android mereka jika ingin mengunjungi sebagian besar website. Ini karena Android versi sebelum 7.1.1 (Nougat) belum mendukung sertifikasi website aman.

Dikutip dari Android Police, kondisi ini mengunci para pengguna ponsel lama Android dari banyak situs yang aman. Mereka baru bisa bebas mengakses website-website tersebut setelah fungsi default untuk sertifikasi ini diaktifkan pada 11 Januari 2021.

Sementara menunggu fungsi itu tersedia, solusi parsialnya adalah dengan menginstal Firefox (Mozilla adalah mitra di otoritas sertifikat non-profit Let's Encrypt) dan menggunakan certificate store sendiri. Tapi cara ini tidak akan membantu dengan fungsionalitas di luar browser.

Merupakan hal yang umum bagi para developer melepaskan dukungan untuk sistem operasi yang lebih lama. Namun, ini bisa menjadi masalah terkait kebijakan pembaruan software Android.

Let's Encrypt mencatat, sekitar 33,8% pengguna Android di Google Play menjalankan versi yang lebih lama dari 7.1 dan beberapa vendor hardware memutuskan dukungan lebih awal.

Tak jarang vendor Android menawarkan pembaruan yang relatif sedikit di tahun-tahun sebelumnya, dan beberapa perangkat (biasanya ponsel murah) bahkan terjebak dengan OS yang dipakai sejak mereka membeli ponsel.

Pengguna mungkin saja membeli ponsel keluaran tahun 2016 atau bahkan 2017 yang bisa tiba-tiba kehilangan akses ke beberapa website dan tidak punya solusi.

Situasinya memang kemudian membaik. Samsung dan pembuat ponsel Android lainnya berkomitmen untuk pembaruan OS selama tiga tahun. Namun itu tidak mengubah situasi bagi banyak orang dengan hardware yang lebih lama, dan harus mencari cara lain jika tidak dapat atau tidak mau menggunakan Firefox.

Meskipun banyak situs lain akan tetap berfungsi dan bisa dikunjungi, setidaknya dukungan yang tidak konsisten berpotensi mengganggu pengguna.



Simak Video "Duh! Skor Benchmark iPhone 12 Kalah dari Flagship Android"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)