Android 11 Kini Bisa Dipasang di Raspberry Pi

Android 11 Kini Bisa Dipasang di Raspberry Pi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 03 Nov 2020 13:18 WIB
Raspberry Pi 4
Raspberry Pi 4. Foto: Dok. Raspberry Pi Foundation
Jakarta -

OmniROM adalah 'pemain lama' di ranah custom ROM Android, dan kini ROM tersebut hadir untuk Raspberry Pi 4.

Meski punya arsitektur hardware yang relatif sama dengan perangkat Android, memasang OS robot hijau itu ke Raspberry Pi bukan hal mudah. Utamanya adalah ketiadaan driver komponen yang ada di Raspberry Pi.

Namun berkat Max Weninger, OS Android 11 -- lewat OmniROM -- kini bisa dipasang di Raspberry Pi. OS tersebut berbasis Android 11 dan didesain secara eksklusif untuk komponen yang ada di Raspberry Pi 4.

Sebelumnya memang sudah pernah ada yang menghadirkan Android ke sejumlah varian Raspberry Pi sebelumnya. Namun OmniROM untuk Raspberry Pi 4 ini disebut sebagai Android yang paling bagus, demikian dikutip detikINET dari Android Police, Selasa (3/11/2020).

OmniROM ini berjalan pada mode tablet, dan bukan sebagai Android TV. Mode tablet ini disebut sebagai peruntukan yang paling pas untuk Pi, karena lazimnya dipakai sebagai PC produktivitas atau untuk belajar.

Selain itu, menurut Weninger, Raspberry Pi bukan perangkat yang cocok untuk Android TV karena tak punya dukungan hardware untuk pemutaran video.

"Saya pikir Raspi adalah perangkat yang lengkap untuk ATV (Android TV) terlebih lagi (anda bisa membeli) ATV USB stick seperti buatan Xiaomi seharga 40 euro yang bisa berjalan mulus tanpa masalah serta mendapat dukungan resmi Google," tulis Weninger di forum XDA Developer.

Di thread tersebut juga dijelaskan selain tak ada dukungan akselerasi hardware untuk pemutaran video, dukungan Mesa untuk grafis 3D juga saat ini masih dikembangkan. Selain itu Android pun lazimnya tak berjalan dengan sempurna dengan storage yang lambat seperti kartu SD.

Namun untungnya OmniROM mendukung penggunaan kartu SD maupun USB. Oh ya, ROM ini juga bisa berfungsi dengan paket Gapps, sehingga penggunanya bisa menggunakan Play Store untuk mengunduh aplikasi Android.



Simak Video "TOP 5: BTS Meal Bikin Heboh, Jerinx Bebas dari Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)