Huawei Bebas Pakai Android Lagi Jika Biden Menang?

Huawei Bebas Pakai Android Lagi Jika Biden Menang?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 15:12 WIB
Joe Biden yang Terus Maju Meski Dihantam Tragedi
Joe Biden. Foto: DW (News)
Washington -

Pemilihan presiden atau Pilpres AS 2020 sudah dalam tahap penghitungan suara, dengan Joe Biden berpotensi mengalahkan petahana Donald Trump. Seandainya benar Biden menang, akankah ada perubahan dalam perang dagang dengan China, misalnya terkait nasib Huawei.

Huawei sebagai raksasa teknologi China memang diserang habis oleh pemerintahan Trump. Dinilai sebagai ancaman keamanan dan melanggar aturan perdagangan, Huawei masuk daftar blacklist. Perusahaan ini tak boleh memakai versi penuh Android dan dilarang memakai chip yang mengandung teknologi Amerika.

Tak hanya itu, salah satu eksekutif topnya, Meng Wanzhou, ditangkap di Kanada atas perintah AS, dengan tudingan mengakali sanksi perdagangan ke Iran. Nah, andai Biden terpilih, apakah Huawei akan lebih leluasa, misalnya bebas lagi memakai sistem operasi Android?

Joe Biden memang diprediksi lebih melunak soal perang dagang ataupun teknologi dengan China. Akan tetapi diperkirakan tidak akan ada perubahan yang sangat drastis dari kebijakan pemerintah AS saat ini.

"Kedua negara akan tetap terkunci dalam kompetisi strategis untuk dominasi ekonomi dan teknologi. Itu karena gagasan bahwa kedua negara merupakan kompetitor ketimbang mitra saat ini dipegang dengan kuat baik di Beijing maupun Washington," kata Agathe Demarais, pengamat dari The Economist Intelligence Unit (EIU) yang dikutip detikINET dari South China Morning Post seperti dilihat Jumat (6/11/2020).

"Tidak ada presiden ingin dituding lunak pada China. Kebijakan Trump tidak terorganisir, tapi konsisten untuk memotong hubungan ekonomi dengan China. Kebijakan Biden akan terkoordinasi lebih baik, tapi mengarah ke tujuan yang sama," cetus James Andrew Lewis, pengamat Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Teknologi rupanya telah menjadi 'medan perang' baru, di mana China dan Amerika berlomba dalam kecerdasan buatan, 5G dan Internet of Things. Joe Biden pun dinilai tidak akan langsung melunak walau mungkin akan lebih baik bagi nasib Huawei dibandingkan ketika Trump berkuasa.

Halaman selanjutnya: memprediksi kebijakan Biden jika ia menang...