Instagram Hapus Sementara Tab 'Recent' Jelang Pilpres AS 2020

Instagram Hapus Sementara Tab 'Recent' Jelang Pilpres AS 2020

Josina - detikInet
Selasa, 03 Nov 2020 10:09 WIB
ilustrasi instagram
Instagram Hapus Sementara Tab 'Recent' Jelang Pilpres AS 2020 (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta -

Di hari Pemilu Amerika Serikat pada 3 November 2020, Instagram akan menghapus sementara tab 'terbaru' (recent) dari halaman hashtag sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran informasi yang salah terkait pemilu.

"Kami melakukan ini untuk mengurangi penyebaran konten yang berpotensi bahaya secara real-time yang dapat muncul saat pemilu," kata Instagram dalam cuitan Twitter yang dilansir detiKINET dari CNBC, Selasa (3/11/2020).

Saat pengguna mengetuk atau mencari hashtag di Instagram, aplikasi ini akan menampilkan hasil teratas dan hal terbaru (recent). Tab recent ini akan menampilkan konten terbaru, terlepas dari apakah itu relevan atau tidak dengan topiknya.

Oleh karena itu Facebook ingin menghapus sementara fitur tersebut. Keputusan tersebut muncul setelah adanya kekhawatiran dari CEO Facebook Mark Zuckerberg akan meningkatkan risiko kerusuhan warga di AS efek dari pemilu AS.

"Saya khawatir dengan bangsa kita yang begitu terpecah belah dan hasil pemilu yang berpotensi memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk diselesaikan, ada risiko kerusuhan sipil di seluruh negeri," kata Zuckerberg.

"Mengingat hal ini, perusahaan seperti kami harus melampaui apa yang telah kami lakukan sebelumnya." tambahnya.

Langkah lain yang diambil Facebook untuk mencegah kerusuhan adalah termasuk membantu pengguna mendaftar untuk memberikan suara, memberikan informasi pemilu yang akurat dan melarang konten bermasalah.



Simak Video "Penjelasan Instagram di Balik Seringnya Gangguan Server"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)