Bertabur Fitur Baru, Microsoft Outlook Punya Asisten Suara

Bertabur Fitur Baru, Microsoft Outlook Punya Asisten Suara

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 24 Sep 2020 11:10 WIB
Microsoft Outlook
Bertabur Fitur Baru, Microsoft Outlook Punya Asisten Suara. Foto: Istimewa/Tech Crunch
Jakarta -

Setelah mempermak browser web Microsoft Edge, Microsoft mengumumkan penambahan sederet fitur baru di aplikasi email Outlook. Di antara fitur baru yang dihadirkan, Microsoft Outlook kini punya asisten suara.

Microsoft menyebutkan berbagai fitur baru yang ditaburkannya ke Outlook tak sekadar menyederhanakan navigasi dalam menggunakan layanan tersebut, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Keputusan Microsoft untuk menghadirkan asisten virtual Cortana ke Outlook memang terdengar paling menarik. Apalagi mengingat Microsoft sebenarnya sedang secara bertahap mematikan asisten virtualnya tersebut. Tapi dengan keberadaan Cortana di Outlook, pengguna tak hanya dapat mencari email, kontak, atau entri kalender, mereka juga bisa meminta Cortana membacakan email ketika pengguna sibuk.

Fitur ini memang baru akan diluncurkan bulan depan. Tapi tetap saja, mengetahui bahwa kita bisa meminta bantuan asisten virtual untuk menulis dan mengirimkan email, sungguh menggoda. Ini adalah cara intuitif lainnya untuk tetap produktif. Berkat integrasi dengan Microsoft Teams, pengguna juga akan dapat mengatur panggilan dan rapat melalui Teams.

Selain itu, Outlook sekarang akan hadir dengan saran balasan (reply suggestion). Jadi, jika seseorang ingin menyiapkan rapat atau menanyakan ketersediaan, Outlook bisa menyarankan tanggal dan waktu berdasarkan aktivitas di kalender Outlook. Fitur lainnya adalah ditambahkannya prakiraan cuaca ke dalam kalender Outlook untuk menginformasikan prediksi cuaca pada hari pertemuan dijadwalkan.

Dikutip dari Tech Crunch, untuk meningkatkan adopsi aplikasi seluler Outlook, pengguna web Outlook akan didorong untuk menggunakan Outlook di perangkat mobile. Microsoft juga membuat proses masuk ke aplikasi mobile lebih mulus dan aman.

Pengguna yang masuk ke aplikasi web akan mendapatkan kode QR. Saat dipindai di aplikasi mobile Outlook, kode QR ini akan mentransfer kredensial dengan aman, dan memungkinkan pengguna login tanpa perlu memasukkan kredensial secara manual.

Tambahan lainnya adalah penambahan reactions. Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan reaksi seperti tertawa, hati, atau meneteskan air mata di dalam email, sehingga isi pesan menjadi lebih ekspresif. Semua fitur tersebut akan tersedia di Microsoft Outlook untuk iOS maupun Android dan akan dirilis secara bertahap.



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)