Facebook Lite Versi iOS Disuntik Mati

Facebook Lite Versi iOS Disuntik Mati

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 13 Agu 2020 20:10 WIB
HANOVER, GERMANY - JUNE 12: The Facebook logo is displayed at the 2018 CeBIT technology trade fair on June 12, 2018 in Hanover, Germany. The 2018 CeBIT is running from June 11-15. (Photo by Alexander Koerner/Getty Images)
Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta -

Facebook mematikan Facebook Lite, sebuah layanan media sosial yang dirancang untuk wilayah yang koneksi internet buruk, seperti hanya tersedia jaringan 2G atau daerah pelosok.

Facebook Lite memungkinkan pengguna dapat menikmati layanan Facebook, meski ada sejumlah fitur yang dibatasi, misalnya tidak bisa mengunduh gambar beresolusi tinggi atau memutar video secara otomatis. Keunggulan dari versi Facebook Lite, yakni bisa dipakai di ponsel jadul.

Sayangnya, inovasi yang diluncurkan Facebook itu kurang diminati banyak orang. Dikabarkan, rendahnya adopsi Facebook Lite di seluruh dunia, membuat perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini mematikan layanan tersebut, khususnya di sistem operasi Apple iOS.

Sebagaimana dilansir dari Macrumors, Kamis (13/8/2020) kabar buruk matinya Facebook Lite ini setelah pengguna di Brasil yang mencoba mengakses layanan tersebut, malah muncul informasi bahwa Facebook Lite untuk iOS akan dinonaktifkan.

"Anda dapat menggunakan aplikasi Facebook original untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga," tulisnya.

Juru Bicara Facebook juga telah mengonfirmasi bahwa Facebook Lite untuk iOS dimatikan oleh mereka gegara rendahnya minat akan versi layanan Facebook itu.

"Karena adopsi dan peningkatan terbatas yang kami lakukan untuk meningkatkan pengalaman orang-orang di aplikasi kami, kami tidak akan mendukung Facebook Lite untuk iOS," ucap Juru Bicara Facebook.

Facebook Lite pertama kali muncul pada tahun 2018 untuk para pengguna di Turki, yang setelah itu menyebar ke berbagai negara. Artinya, dilihat dari kelahirannya, Facebook Lite untuk iOS hanya bertahan dua tahun.



Simak Video "Kakek yang Hina Agama Islam di Medsos Jadi Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)